Apa Benar Kuliah di Jerman Susah?

anggota-Paskibra-di-upacara-peringatan-17-agustus-2015-di-KBRI-Jerman-bersama-Dubes-Bpk-Fauzi-Bowo-dan-stafApa benar Kuliah di Jerman Susah? Pertanyaan ini juga termasuk pertanyaan yang banyak didapat oleh para alumni Jerman di Lembaga Alumni Eropa (LAE) yang beralamat di Jalan Mendawai I No. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 dengan no kontak 0853 1154 4185 & 0813 1811 1017. Sebuah pertanyaan yang wajar untuk dipertanyakan dan hanya layak dipertanyakan kepada para alumni Jerman yang telah lulus tentunya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan sebagian mahasiswa yang kuliah di luar negeri khususnya yang memilih Jerman sebagai negara tujuan kuliahnya merasa Kuliah di Jerman Susah. Diantaranya mengenai kondisi adaptasi yang sering disebut sebagai Culture Shock. Culture Shock Saat Kuliah di Luar Negeri dianggap sebagai hal yang wajar bagi sebagian besar mahasiswa internasional. Namun, hal tersebut jangan dianggap remeh karena dapat memicu timbulnya depresi akut.

Lalu, bagaimana agar tidak mengalami depresi akibat culture shock? Jawabannya adalah tambah wawasan kamu mengenai negara tujuan kuliah. Cara terbaik adalah dengan membaca buku panduan tentang negara tujuan, bertanya kepada orang yang pernah tinggal di sana, browsing di internet, dan yang paling penting jangan membayangkan kehidupan di sana seperti yang selalu kita tonton di film atau televisi. Bisa-bisa kamu malah terjebak dalam halusinasi dan kesalahpahaman.

Hal lain yang juga dianggap sebagai bentuk kesulitan saat kuliah di jerman adalah masalah penguasaan bahasa Jerman. Apalagi masyarakat Jerman dikenal sangat tinggi rasa nasionalisme terhadapa negaranya dan bahasanya. Maka memang agak sulit menemui orang Jerman yang mau berbahasa selain bahasa Jerman. Bahasa Jerman adalah bahasa yang penting untuk perdagangan. Jerman adalah negara pengekspor utama di dunia. Jerman memiliki ekonomi yang kuat dan partner industri dan perdagangan paling penting bagi Indonesia di Uni Eropa. Dalam 10 tahun terakhir, bahasa Jerman menjadi linguafranca regional di negara-negara Eropa Tengah dan Timur.

Untuk mempelajari bahasa Jerman dengan baik, kami di Lembaga Alumni Eropa (LAE) membuat kurikulum khusus. Di Program Intensif Persiapan Kuliah di Jerman yang LAE laksanakan, kami memberikan materi pembelajaran khusus dalam bahasa Jermannya. Yaitu bahasa Jerman Akademik. Bahasa Jerman yang memang dipakai sebagai bahasa pada saat perkuliahan berlangsung. Sehingga harapan kami tak ada lagi yang menyimpulkan bahwa Kuliah di Jerman Susah.

 

=======================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 17 Juli 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman and tagged , , , , . Bookmark the permalink.