Program Sister School – Program Persiapan Siswa SMA Hadapi Globalisasi

Program-Sister-School-Lembaga-Alumni-EropaLembaga Alumni Eropa senantiasa berusaha memberikan program-program yang mendidik bagi masyrakat Indonesia. Termasuk program terbaru kami yaitu Program Sister School. Dengan program ini kami berharap bahwa kuliah di Eropa bukan lagi hanya sekedar mimpi bagi seluruh anak Indonesia.

Pada hakikatnya setiap sekolah selalu memiliki keunikan dan mencapai prestasi yang berbeda-beda. Sebuah fenomena nyata bahwa setiap sekolah, walau memiliki kurikulum, sumber daya guru, bangunan, sumber biaya, dan teknologi yang sama, namun uniknya hampir tidak ada sekolah yang sekali pun memiliki sumber daya yang sama akan selalu menghasilkan mutu lulusan yang berbeda.

Meluasnya konteks sekolah yang dibangun melalui hubungan antar siswa dalam ruang lingkup dunia, hubungan dan kerja sama dengan guru, kolaborasi lintas daerah, bahkan kolaborasi dan kompetisi tingkat dunia berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Inilah salah satu hal yang menjadi latar belakang kami adakannya Program Sister School Lembaga Alumni Eropa.

Dari pemikiran itu ada dua hal yang dapat dijadikan argumen untuk mendukung pentingnya kerja sama sister school, yaitu membangun kultur berbasis internasional dan mengembangkan konteks sekolah dalam rangka membangun perluasan wawasan siswa dan motivasi siswa belajar terutama dalam memperluas tantangan wacana kehidupan global serta untuk lebih memahami tentang apa yang bangsa lain pelajari serta telah menghasilkan apa saja.

Program Sister school dengan institusi pendidikan atas di Jerman (Gymnasium, Realschule, Hauptschule).

Kami saat ini sedang dalam taraf melakukan korespondensi dalam rangka menjajaki dilakukannya student/teacher exchange program dengan beberapa SMU di Jerman yang antara lain adalah:
• Wilhelmsgymnasium (München),
• Marie-Curie-Gymnasium (Dresden),
• Heinrich-Suso-Gymnasium (Konstanz),
• Karl-Friedrich-Gymnasium (Mannheim),
• Albertus-Magnus-Gymnasium (Regensburg),
• Walther Rathenau-Schule (Grunewald),
• Altes Gymnasium (Bremen),
• Friedrichsgymnasium (Kassel),
• Leibnizschule Offenbach (Offenbach am Main),
• Kaiser-Wilhelm- und Ratsgymnasium (Hannover),
• Wilhelm-Dörpfeld-Gymnasium (Wuppertal),
• Erzbischöfliches Suitbertus-Gymnasium (Düsseldorf)
• Gülen Gymnasium (Köln)

Program akan diisi dengan kegiatan “benchmarking” antar kedua institusi. Selain itu, program-program IPTEK, budaya dan wisata pun akan dimasukkan kedalam rangkaian kegiatan sister school ini. dengan dilakukannya program ini, maka diharapkan akan terjadi saling tukar informasi diantara kedua institusi yang kemudian informasi tersebut akan berguna bagi pengembangan dan peningkatan lebih lanjut di segala bidang dari performance masing-masing institusi.

Sister school dengan institusi pendidikan tinggi di Jerman (Universität, Fachhochschule).

Program sister school tidak hanya dapat dilakukan antar SMA, namun dapat pula ber“partner“ dengan Universitas di Jerman. Dengan berkolaborasi bersama Universitas, maka diharapkan para pelajar SMA akan mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang situasi belajar dan mengajar yang akan mereka tempuh nanti pada saat mereka akan melanjutkan pendidikan di Jerman selepas lulus SMA.

Selama pelaksanaan program ini, para pelajar akan di “kuliahkan” selama 1 bulan di sebuah universitas di Jerman untuk mengikuti mata kuliah bahasa Jerman dasar untuk berbagai penjurusan seperti kedokteran, teknik, ekonomi dan ilmu sosial lainnya. Mereka akan dikenalkan lebih dekat dengan lingkungan kampus di Jerman, sistem perkuliahan, mahasiswa senior dan para profesor.

Sepanjang senin hingga jumat, para peserta program akan mengikuti kuliah bahasa jerman dasar sesuai dengan pilihan subject yang diminati. Selain itu para peserta mendapatkan akses seluas luasnya ke seluruh fasilitas kampus seperti perpustakaan, Laboratorium bahasa, internet, kantin, sport facilities dll.

Pada akhir minggu para peserta akan mengunjungi tempat tempat menarik yang berhubungan dengan seni, budaya, kultur dan teknologi seperti Brandenburger Tör dan bekas reruntuhan tembok Berlin, Pabrik mobil VW, Pusat penelitian energi surya di Leipzig, Schloss Sanssouci Potsdam dan lainnya.

Diakhir program, para peserta akan mendapatkan sertificate tanda telah mengikuti program pengajaran bahasa Jerman dari Universitas, yang mana dengan certificate ini, para peserta akan lebih mendapatkan kemudahan pada saat melakukan pendaftaran untuk kuliah di Jerman. Bagi sekolah atau para siswa/siswi tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang berminat mendaptkan informasi lebih detail mengenai program Sister School ini dapat langsung menghubungi Lembaga Alumni Eropa.

 

=======================================================

PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 5 Juni 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Keunggulan Studi Di Jerman, Pentingnya Pendidikan Tinggi, Program Sister School and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.