Tips Kehidupan Sehari-hari Selama Menjadi Mahasiswa di Jerman – Seri Pengalaman Hidup di Jerman

Hallo teman-teman kembali bertemu dengan sahabat dari Lembaga Alumni Eropa, disini kalian akan berkenalan dengan sahabat, kakak kelas kalian yang bernama Ramdan. Dia akan sedikit memberikan pengalaman memanage keuangan nya selama hidup sebagai mahasiswa di Jerman.

Banyak suka dan duka nya, yang patut kalian baca dan pelajari, bisa jadi ini adalah Langkah sukses kalian kelak, setelah mengikuti pelatihan, pendidikan di Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta yang beralamat di jalan Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah, Jakarta Selatan, 12310, dengan no hp 0813 8480 9179.

UANG
Tidak hanya kehidupan sehari-hari, tetapi juga banyak pengalaman khusus yang membuat masa tinggal kalian menjadi istimewa. Dan jika kalian suka bepergian ke keluar kota, kalian tidak perlu menghabiskan banyak uang: Jika kalian membawa kartu mahasiswa, kalian akan mendapatkan potongan harga.

Tips & Triks
Selalu kunjungi di setiap kota universitas pasti ada toko-toko murah untuk kebutuhan sehari-hari.
Gunakan selalu Transportasi umum, bank, dan penyedia telepon seluler memberikan penawaran yang lebih murah bagi mahasiswa – seperti halnya kafe, perpustakaan, museum, dan bioskop.

Tips HIDUP SEHARI-HARI AGAR MURAH
Kalian dapat berbelanja murah di Jerman dengan diskon: seperti pada supermarket Aldi, Lidl, dan Netto (nama Supermarket Lokal di Jerman). Kalian juga harus memperhatikan penawaran harga khusus (diskon) saat ada di sana. Harus dengan jeli untuk membandingkan harga dengan hati-hati. Jadi kalian selalu dapat menghemat beberapa euro. Kalian dapat menemukan penawaran penghematan khusus dari berbagai supermarket, jaringan toko obat, department store, dan toko perangkat keras di Internet. Jika kalian ingin membeli stabilo, stapler, atau kartrid tinta di daftar belanja, untuk kebutuhan studi atau kuliah, kalian dapat membelinya di toko-toko dekat universitas. Tentu nya toko di dekat universitas akan memberikan potongan harga untuk mahasiswa.

Beberapa penata rambut memiliki hari dan jadwal khusus untuk mahasiswa mendapatkan diskon. Ada juga potongan harga untuk olahraga dan kebugaran: Mahasiswa dapat memperoleh manfaat dari penawaran olahraga universitas di universitas mereka, tetapi ada juga dari tarif khusus mahasiswa di studio kebugaran swasta di dekat kota.

JAM BUKA TOKO DI JERMAN
Jam buka toko di Jerman berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Di pusat kota, toko biasanya buka selama seminggu dari jam 10 pagi sampai jam 8 malam, pada hari Sabtu sampai jam 4 sore, jam 6 sore atau jam 8 malam tergantung kotanya. Supermarket biasanya buka lebih lama – terkadang dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam. Sebelum melakukan perjalanan akhir pekan ke kota-kota kecil, kalian harus memeriksa jam buka toko di sana.

Hampir semua toko tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional. Di kota-kota besar ada supermarket kecil atau kios di mana kalian juga bisa mendapatkan kebutuhan pokok pada hari Minggu. Jika semuanya tutup, toko makanan kecil yang ada di pompa bensin adalah solusi darurat (yang relatif mahal). Beberapa toko roti ada juga yang buka pada hari Minggu pagi.

ID SISWA
ID mahasiswa kalian selalu berharga, karena kalian dapat menghemat banyak uang dengannya: kalian bisa mendapatkan tiket teater dan bioskop yang lebih murah dan kalian menghemat tiket masuk ke kolam renang atau museum. Juga berlangganan surat kabar, perangkat lunak komputer, kontrak ponsel dan Akun di bank lebih murah untuk mahasiswa.

Saat bepergian ke luar Jerman, kalian dapat menggunakan
Kartu Tanda Mahasiswa Internasional (ISIC)
Dengan kartu ini dapat menghemat banyak uang, misalnya tiket pesawat dan kereta api dan kunjungan ke museum atau teater. ISIC mengenakan biaya satu kali sekitar 12 euro. kalian bisa mendapatkannya dari perwakilan mahasiswa di sebagian besar universitas atau dari agen perjalanan khusus.

KESIMPULAN
Ada banyak cara untuk berhemat, menabung dalam kehidupan sehari-hari.
Kartu ID mahasiswa dari universitas kalian atau International Student Identity Card (ISIC) akan sangat membantu.
Dan bahkan jika kalian tidak melihat ada penawaran diskon pada pandangan pertama: kalian tanyakan saja!

Bagaimana teman-teman Lembaga Alumni Eropa, apakah kalian tertarik untuk studi dan kehidupan di Jerman yang serba praktis dan murah, maka kami tunggu kehadiran kalian di Lembaga Alumi Eropa untuk mempersiapkan diri sebelum studi atau kuliah sambil bekerja di Jerman.

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 4 Juli 2022.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start 4 Juli 2022


Program kerja sosial Start 4 Juli 2022


Program persiapan bahasa Jerman Online akan dimulai pada tanggal Senin / 4 Juli 2022.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Gedung Hijau 2 No 18. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 4 Juli 2022 dan SozialWork Class: Senin / 4 Juli 2022

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Adat dan Kebiasaan Warga Eropa, Etika dan Perilaku Warga Jerman, Studi di Jerman and tagged , , . Bookmark the permalink.