Cara MendapatKan Pekerjaan Sampingan Saat Kuliah di Jerman – Seri Pengalaman Hidup di Jerman

Hallo teman-teman, kembali kami dari Lembaga Alumni Eropa, akan mengisahkan pengalaman hidup dari sahabat kalian Adip yang sedang studi atau Kuliah di Jerman. Adip sudah memulai studi di Jerman nya setelah mengikuti program persiapan di Lembaga Alumni Eropa, kalian sebaiknya mengikuti program persiapan studi Jerman di Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta yang beralamat di jalan Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah, Jakarta Selatan, 12310, dengan no hp 0813 8480 9179, karena pendidikan nya membuat kita bisa hidup mandiri dan dewasa mengurus segala sesuatu selama di Jerman nanti.

Para Pendidik di Lembaga Alumni Eropa punya banyak pengalaman hidup, yang akan di ajarkan kepada kalian sehingga mampu untuk bertahan hidup dan sukses menyelesaikan program S1, S2 bahkan S3 kalian.

Berikut kisah pengalaman bagaimana saya bisa menyambung biaya hidup selama studi di Jerman. Jarang sekali mahasiswa dibekali dengan sarana keuangan yang cukup dari orang tua nya. Kesempatan mencari kerja sampingan terutama saat liburan semester, karena banyak perusahaan yang menawarkan lowongan, mahasiswa dapat bekerja sampingan untuk meningkatkan saldo rekening keuangannya. Sangat banyak perusahaan di Jerman yang secara khusus mencari mahasiswa yang tertarik dengan pekerjaan paruh waktu.

JENIS PEKERJAAN SAMPINGAN UNTUK MAHASISWA
Jika kalian ingin mendapatkan uang di samping studi, kalian dapat melamar pekerjaan di universitas. Atau Kalian bisa mencari pekerjaan paruh waktu dengan cara klasik mendatangi biro penyalur pekerja untuk mahasiswa di kota kalian: misalnya bekerja dalam bidang produksi barang, bekerja di bagian logistik, bekerja di bandar udara kota setempat, pelayan di kafe, membantu di pameran dagang, atau menjaga anak.

Pekerjaan sampingan kalian paling bermanfaat jika pekerjaan itu terkait dengan bidang studi kalian: dosen dan mahasiswa terkadang memberikan les privat, mahasiswa sejarah seni bekerja di museum, misalnya. Pekerjaan sampingan banyak mengandalkan kemahiran dalam bahasa Jerman. Pengetahuan yang baik tentang bahasa Jerman selalu menjadi keuntungan.

PEKERJAAN SEBAGAI HIWI
Siapa pun yang bekerja sebagai asisten peneliti di universitas disebut “Hiwi”. Asisten ilmiah dipekerjakan di universitas dan telah menyelesaikan kuliah setidaknya enam semester. Mereka mendukung profesor atau staf akademik lainnya dalam pekerjaan mereka dalam penelitian dan pengajaran.

Jenis pekerjaan Hiwi, misalnya, bertanggung jawab untuk mengawasi perpustakaan atau meneliti literatur untuk para dosen. Tugas lain dapat memimpin tutorial: Ini ditawarkan paralel dengan kuliah atau seminar. Di sana, mahasiswa dapat memperdalam pengetahuan mereka di bawah pengawasan atau mempersiapkan untuk ujian.

Keuntungan dari pekerjaan sampingan sebagai Hiwi: Pekerjaan sering ada hubungannya dengan studi dan kuliah kalian belajar sesuatu darinya. Jika kalian tertarik dengan pekerjaan sampingan sebagai Hiwi, tanyakan pada sekretariat institut kalian tentang lowongan dan perhatikan pemberitahuan informasinya ada di universitas.

PERATURAN UNTUK PEKERJAAN SAMPINGAN DI JERMAN
Peraturan ketenagakerjaan untuk mahasiswa internasional sangat ketat. Penting untuk mengenal peraturan tersebut. Siapapun yang melanggar ini bisa dikeluarkan. Misalnya, mereka menentukan seberapa banyak kalian diizinkan bekerja sebagai mahasiswa internasional. Tergantung pada negara asal, aturan yang berbeda berlaku.

KALIAN BERASAL DARI NEGARA BUKAN EROPA
Kalian dapat bekerja hingga 120 hari penuh atau 240 setengah hari setahun. kalian tidak di ijinkan untuk menjadi wiraswasta. Jika kalian ingin bekerja lebih banyak, kalian memerlukan persetujuan dari agen tenaga kerja dan otoritas imigrasi. Itu tergantung pada seberapa tinggi tingkat pengangguran di negara bagian.

PENGECUALIAN UNTUK PEKERJAAN SEBAGAI HIWIS
Aturan 120 hari tidak berlaku bagi mahasiswa yang berprofesi sebagai Hiwis. Tidak ada batasan pada pekerjaan seperti itu di universitas. Bagaimanapun, kalian harus memberi tahu Kantor Imigrasi jika kalian ingin bekerja lebih banyak. Apakah kalian tidak yakin jenis pekerjaan apa itu? Maka yang terbaik adalah mendapatkan informasi dari serikat mahasiswa yang bertanggung jawab untuk kalian atau dari Kantor Internasional di universitas.

PENGHASILAN, PAJAK DAN ASURANSI
UPAH MINIMUM

UPAH MINIMUM
Ada upah minimum di Jerman sejak 2015. Kalian dapat melihat seberapa tinggi saat ini di situs web
Kementerian Federal Tenaga Kerja dan Urusan Sosial. Bekerja sampingan sebagai Hiwis, asisten produksi di industri atau pekerja sementara di pameran dagang biasanya mendapatkan sedikit lebih banyak dari upah minimum.

Berapa banyak yang kalian peroleh dalam pekerjaan paruh waktu, sangat bergantung pada pengetahuan kalian, wilayah dan industri tempat kalian ingin bekerja.

Di kota-kota besar yang mahal seperti Munich, Hamburg atau Cologne kalian akan mendapatkan lebih banyak pendapatan atau gaji, tetapi kalian juga harus membayar lebih tinggi untuk sewa apartemen atau makanan.

PENTING: ALTERNATIF UNTUK PEKERJAAN SAMPINGAN
Praktis tidak mungkin bagi mahasiswa untuk membiayai seluruh hidup mereka dengan pekerjaan paruh waktu. Hanya ada beberapa tawaran yang cocok di pasar kerja di Jerman – dan jika kalian bekerja terlalu banyak, kalian tidak perlu memperpanjang studi. Misalnya, alih-alih mengambil pekerjaan bergaji rendah, kalian dapat melamar untuk berusaha mendapatkan beasiswa.

PERATURAN PAJAK
Kalian dapat melakukan pekerjaan sampingan sebagai mahasiswa dan mendapatkan hingga 450 euro per bulan tanpa membayar pajak. Tetapi jika kalian secara teratur menghasilkan lebih dari 450 euro, kalian memerlukan nomor pajak. Kemudian ada sejumlah pajak tertentu dipotong dari upah kalian setiap bulan, yang akan kalian dapatkan kembali ketika kalian mengajukan pengembalian pajak pada akhir tahun berikutnya.

ASURANSI
Siapapun yang bekerja secara permanen di Jerman biasanya membayar iuran jaminan sosial. Ini termasuk kontribusi untuk asuransi kesehatan, perawatan jangka panjang, pensiun dan asuransi pengangguran.

Demikianlah beberapa jenis pekerjaan sampingan sebagai mahasiswa selama masa studi atau kuliah nya di Jerman. Sukses terus untuk Lembaga Alumni Eropa yang telah mendidik dan membimbing, semoga ke depan semakin banyak mahasiswa Indonesia yang studi di Jerman. Kemandirian, kerjakeras, mempunyai daya tahan yang kuat serta tekad untuk segera lulus dengan nilai terbaik.

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 4 Juli 2022.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start 4 Juli 2022


Program kerja sosial Start 4 Juli 2022


Program persiapan bahasa Jerman Online akan dimulai pada tanggal Senin / 4 Juli 2022.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Gedung Hijau 2 No 18. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 4 Juli 2022 dan SozialWork Class: Senin / 4 Juli 2022

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Alasan Kuliah di Jerman, Info Lowongan Pekerjaan, Keunggulan Studi Di Jerman, Studi di Jerman and tagged , , . Bookmark the permalink.