Bagaimana Pembiayaan Selama Studi di Jerman? – Seri Pengalaman Hidup di Jerman

Hallo sahabat, kita bertemu kembali dengan Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta yang beralamat di jalan Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah, Jakarta Selatan, 12310, dengan no hp 0813 8480 9179, kali ini akan membahas tentang pembiayaan atau pengeluaran selama kita menjadi mahasiswa di Jerman. Disini akan di jelaskan pengeluaran apa saja yang akan kalian bayar untuk satu bulan nya selama kalian mengikuti program studi di Jerman. Informasi ini tentunya akan berbeda setiap tahun dan tergantung dengan situasi dan kondisi yang ada.

Dalam perbandingan biaya hidup di Eropa, kehidupan di Jerman tidak terlalu mahal: biaya untuk makanan, perumahan, pakaian dan kegiatan budaya hanya sedikit di atas rata-rata negara UE lainnya. Contoh perhitungan akan menunjukkan kepada kalian berapa biaya studi di Jerman.

Tips & Triks
Pengeluaran utama untuk masa studi kalian terdiri dari biaya hidup, biaya kuliah, biaya semester dan asuransi kesehatan.
Beasiswa dapat membantu kalian untuk membiayai studi kalian di luar negeri. Beasiswa bisa kalian dapatkan dengan sedikit kerja keras untuk mencari dan mendapatkannya, disertai dengan prestasi akademis dari universitas.

867 EUROS SEBULAN UNTUK HIDUP
Sekitar 867 euro per bulan – sebesar itulah rata-rata biaya hidup saat kalia belajar di Jerman. Kalian harus memperhitungkan biaya sebagai berikut:
biaya semester, Biaya hidup (sewa apartemen, makanan, pakaian, buku, telepon, dll.), Biaya asuransi kesehatan dan – tergantung pada negara bagian federal – kemungkinan biaya kuliah.

Bergantung pada lokasi universitas mana yang ingin kalian tuju dan seberapa hemat kalian hidup, kalian dapat secara signifikan mengurangi biaya bulanan untuk studi kalian. Misalnya, dengan menggunakan sepeda dari pada angkutan umum, mengurangi biaya makan bulanan dengan mengunjungi kantin di kampus, atau pindah ke flat tinggal patungan bersama teman. Biaya lain, di sisi lain, adalah tetap dan tidak dapat dikurangi: bagian terbesar dari pengeluaran bulanan adalah sewa apartemen. Namun, itu bervariasi ketika membandingkan kota. Tergantung pada lokasi universitas, mahasiswa membayar antara 290 dan 560 euro per bulan untuk akomodasi. Di beberapa kota besar seperti Cologne, Munich, Hamburg, Düsseldorf dan Frankfurt am Main, harga sewa apartemen di atas rata-rata.

Itu berarti: € 867 hanyalah pedoman – jadi kalian bisa bertahan dengan lebih sedikit atau kalian mungkin membutuhkan lebih banyak di beberapa kota. Sebagian besar mahasiswa tinggal di satu asrama atau dalam satu Apartemen bersama. Memiliki apartemen, di sisi lain, biasanya cukup mahal. Di awal kalian juga harus merencanakan deposit untuk kamar atau apartemen. Jumlah deposit sangat bervariasi. Biasanya kalian harus menyetor beberapa ratus euro.

PERKIRAAN PENGELUARAN BIAYA HIDUP SATU BULAN DI JERMAN
Rata-rata, mahasiswa Jerman memiliki sekitar 867 euro (sumber: perhitungan terbaru berdasarkan survei sosial ke-21 Deutsches Studentenwerk, 2019). Biaya bulanan adalah:
Sewa apartemen 332 euro, Makan & minum 154 euro, Pakaian 48 euro, Biaya perjalanan (mobil/angkutan umum) 116 euro, Kesehatan 96 euro, Biaya Telepon/Internet/TV radio, ongkos kirim 32 euro, Bahan kerja/alat bantu belajar (buku dll.) 24 euro, Kenyamanan, budaya, dan olahraga 65 euro.
–––––––––––––––––––
Total 867 euro

PENTING: SEKARANG DI BUTUHKAN BUKTI PEMBIAYAAN
Undang-undang baru telah berlaku sejak 2019: Sebelum kalian datang ke Jerman, kalian wajib membuka deposit (ketika kalian akan mengajukan permohonan visa).
Bukti Pendanaan atau Deposit Ini, berfungsi sebagai keamanan bahwa kalian secara finansial dapat mengatasi studi kalian selama tahun pertama di Jerman.

Jumlah tersebut telah di tetapkan sebesar 861 euro per bulan atau 10.332 euro per tahun sejak 1 Januari 2021 dan harus dibuktikan untuk aplikasi visa (sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah Jerman). Kalian bisa membuktikannya misalnya berupa bukti penghasilan dari orang tua, uang jaminan pada rekening yang diblokir, bank garansi atau beasiswa yang diakui. Periksa kondisi di kedutaan atau konsulat Jerman di jakarta.

KONTRIBUSI SEMESTER
Semua mahasiswa di sebuah universitas harus membayar biaya semester. Ini terdiri dari kontribusi untuk serikat mahasiswa dan pemerintahan mandiri mahasiswa (AStA). Biaya semester bervariasi tergantung pada universitas dan antara 100 dan 350 euro. Itu jatuh tempo ketika kalian mendaftar untuk kuliah dan sebelum dimulainya setiap semester baru. Apakah ada biaya tambahan untuk mata kuliah tersebut, misalnya untuk bahan kerja seperti buku teks dan eksemplar, tergantung bidang studinya.

Di banyak universitas, biaya semester juga termasuk biaya tiket semester. Ini memungkinkan kalian untuk menggunakan transportasi umum di sekitar universitas selama enam bulan secara gratis. Tergantung pada lokasi dan jangkauan tiket, biayanya mulai dari 25 euro hingga 200 euro dan kemudian sudah termasuk dalam biaya semester. Namun, di beberapa universitas, kalian harus membayar tiket semester di samping biaya semester. Tetapi kemudian kalian biasanya dapat memutuskan apakah kalian ingin: Jika kalian tinggal di dekat universitas, kalian mungkin tidak memerlukan tiket tersebut.

KOMPOSISI KONTRIBUSI SEMESTER
Contoh: Universitas Cologne, semester musim dingin 2021/22
Tiket semester NRW 197,20 euro, Kontribusi sosial untuk serikat mahasiswa € 75,00, Administrasi mandiri siswa (AStA) 10.00 euro, Olahraga pelajar 1,75 euro, Fakultas / dewan mahasiswa 2.10 euro, Biaya administrasi dan kesulitan 1,90 euro.
–––––––––––––––––––––
Total 287,95 euro

BIAYA KULIAH
Perguruan tinggi negeri biasanya tidak memungut biaya kuliah untuk program sarjana dan banyak program magister. Namun, di beberapa negara bagian federal, ada biaya untuk gelar kedua atau studi jangka panjang.

Pengecualian: Sejak semester musim dingin 2017/18, negara bagian Baden-Württemberg telah membebankan biaya kuliah warga negara non-UE sebesar EUR 1,500 per semester untuk belajar (sarjana, magister, diploma, ujian negara). Mahasiswa doktoral tidak terpengaruh oleh biaya. Mahasiswa yang memulai studi mereka di Baden-Württemberg sebelum tanggal ini tidak membayar biaya kuliah sampai mereka lulus.

Untuk program master individu dan kursus online, bagaimanapun, biaya kuliah harus dibayar, beberapa di antaranya tinggi: dalam beberapa kasus luar biasa bahkan lebih dari 10.000 euro per semester. Perguruan tinggi swasta biasanya membebankan biaya kuliah yang sangat tinggi.

Di Jerman, besarnya jumlah biaya kuliah tidak membuat berbeda kualitas pendidikan. Kuliah gratis juga berkualitas sangat baik.

ASURANSI KESEHATAN
Jika kalian ingin mendaftar di universitas Jerman, kalian memerlukan asuransi kesehatan – ini juga berlaku untuk mahasiswa dari negara Uni Eropa lainnya. Bagi mereka, bukti asuransi kesehatan wajib di negara asal mereka sudah cukup. Jika pertanggungan asuransi yang kalian miliki di negara asal kalian tidak berlaku di Jerman, kalian harus mengasuransikan diri kalian di sini. Di perusahaan asuransi kesehatan wajib, biayanya sekitar 110 euro per bulan jika umur kalian tidak lebih dari 30 tahun atau belum menyelesaikan semester 14 kalian. Setelah itu, biaya keanggotaan meningkat menjadi setidaknya 166 euro per bulan.

PROGRAM BEASISWA UNTUK MAHASISWA
Ada banyak peluang pendanaan untuk masa studi kalian di Jerman. DAAD menawarkan program beasiswa untuk mahasiswa, lulusan, dan ilmuwan Jerman dan orang asing.
Beasiswa lain untuk mahasiswa internasional tersedia dari yayasan yang berafiliasi dengan partai, lembaga denominasi, atau organisasi terkait bisnis.
Harap dicatat bahwa DAAD dan sebagian besar lembaga lainnya seringkali tidak mungkin mendanai seluruh program studi dari semester pertama hingga semester terakhir. Dalam kebanyakan kasus, tidak ada mahasiswa tahun pertama yang didanai. Proses seleksi sangat ketat. kalian juga harus tahu bahwa tidak ada hak umum untuk beasiswa.

KESIMPULAN
Jika kalian memilih lokasi universitas kalian di Jerman, ada baiknya mencari tahu tentang biaya hidup setempat. Karena biaya hidup sangat berbeda dari kota ke kota.
Berbagai program beasiswa dapat membantu membiayai studi kalian di Jerman.

Perhitungan pengeluaran bulanan di atas adalah salah satu contoh dari kakak kelas kalian yang dahulu pernah melakukan persiapan studi di Lembaga Alumni Eropa. Persiapkanlah pembiayaan untuk studi kalian sebelum ke Jerman, dengan menabung dan berusahalah hidup hemat selama menjalani studi di Jerman.

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 4 Juli 2022.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start 4 Juli 2022


Program kerja sosial Start 4 Juli 2022


Program persiapan bahasa Jerman Online akan dimulai pada tanggal Senin / 4 Juli 2022.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Gedung Hijau 2 No 18. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 4 Juli 2022 dan SozialWork Class: Senin / 4 Juli 2022

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Keunggulan Studi Di Jerman, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Studi di Jerman and tagged , , . Bookmark the permalink.