Kuliah Sastra Jerman di Jerman

kuliah-sastra-Jerman-di-Jerman-Lembaga-Alumni-EropaAnda menyukai dan berminat studi yang berkaitan dengan bahasa dan sastra? Sastra Jerman mungkin? kenapa tidak langsung kuliah Sastra Jerman di Jerman saja? Ya, karena ternyata banyak juga kekecewaan mahasiswa yang mengambil jurusan sastra Jerman di Indonesia. Lembaga Alumni Eropa akan memberikan pengalaman mereka yang kuliah sastra Jerman di Indonesia dan juga peluang karir setelah lulus kuliah sastra Jerman.

Sebagai bahan perbandingan untuk kuliah sastra Jerman di Jerman, ada seoarang mahasiswi yang kuliah sastra jerman di salah satu universitas negeri di Jakarta bercerita bahwa apa yang dia dapat di universitasnya sangat kurang dan belum maksimal. Dia merasa materi yang diberikan masih kurang padat dan belum mampu memenuhi keingintahuannya yang besar mengenai Jerman.

banner-300-x-250

Sebagai mahasiswa memang tidak lagi disuapi melainkan dianjurkan untuk mencari sendiri materi yang memang tidak diperdalam di kelas. Namun alangkah baiknya apabila di kelas pun diadakan sesi khusus untuk membahas materi-materi ini.

Mau Kuliah Sastra Jerman Yaa.. di Jerman

Salah satu universitas di Jerman yang memiliki jurusan Sastra Jerman (di sana disebut Germanistik) terbaik yaitu Universitas Freiburg di Baden-Wuerttemberg menuliskan hal-hal yang dipelajari dalam Germanistik itu. Termasuk di dalamnya perkembangan kesusastraan Jerman dari masa abad pertengahan sampai modern, telaah teks sastra termasuk yang ditulis dalam bahasa Jerman kuno (Althochdeutsch, Mittelhochdeutsch, Neuhochdeutsch), salah satu bahasa asing dari rumpun Skandinavia (Norwegia, Swedia, Denmark atau Eslandia), dan tentu saja Mitologi Norse/Teutonic.

Lalu bagaimana peluang karir para lulusan sastra? Kebanyakan para lulusan sastra memiliki bidang pekerjaan beragam, dari jurnalis, pengusaha, konjen, hingga penerjemah. Para lulusan sastra Jerman menekankan bahwa belajar bahasa selain bahasa Inggris merupakan suatu keunggulan.

Maka Jangan pernah takut dan kuatir setelah lulus dari sastra mau jadi apa, karena jika kita menguasai di suatu bidang, dalam hal ini bahasa Jerman, bukan kita yang mencari pekerjaan, tapi pekerjaan yang mencari kita. Jadi tunggu apalagi ayo kuliah sastra Jerman di Jerman.

This entry was posted in Alasan Kuliah di Jerman, Keunggulan Studi Di Jerman, Pentingnya Pendidikan Tinggi, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Pertimbangan dan Perbandingan Kuliah Di Jerman, Studi di Jerman and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.