Kuliah di Universitas Swasta Mahal atau di Universitas Negeri di Jerman ?

kuliah-di-universitas-swasta-atau-kuliah-di-univeristas-negeri-di-Jerman-Lembaga-Alumni-EropaDari sekian banyak pertanyaan ke messenger kami, sebagai besar intinya menanyakan mengenai total biaya yang dibutuhkan untuk menempuh kuliah di Universitas Negeri di Jerman. Sebagian besar masyarakat kita masih mengira bahwa menempuh kuliah di luar negeri merupakan suatu hal yang sangat mahal. Untuk itulah blog Lembaga Alumni Eropa hadir memberikan informasi yang apa adanya berdasarkan pengalaman para alumni lulusan univeristas-universitas di Eropa.

Pengumuman SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) telah dilaksanakan. Banyak siswa dan orangtua siswa yang anaknya tidak lulus mulai galau. Akan melanjutkan kuliah dimanakah anaknya? Apakah kuliah di Universitas Swasta yang mahal atau kuliah di univeristas negeri di Jerman misalnya. Apakah bisa dibandingkan antara kuliah di universitas swasta di dalam negeri dibandingkan dengan universitas negeri di luar negeri. Universitas Terbaik di Jerman misalnya

Perbandingan Dari Segi Biaya, Kualitas, Networking (jejaring) dan Peluang Kerja

Dari segi biaya, bila anda berminat kuliah di universitas swasta yang masuk dalam daftar universitas kategori mahal (lihat artikel kami Daftar Universitas Swasta Mahal di Indonesia ) maka jelas Kuliah di univeristas negeri di Jerman akan jauh lebih murah. Karena sebagian besar universitas di Jerman tidak memungut biaya kuliah. Jadi hanya biaya hidup dan apartment yang harus dipenuhi dan itupun akan dapat ditutupi dengan banyaknya peluang kerja sambilan / part time bagi para mahasiswa.

Dari segi kualitas, secara infrasturktur beberapa kampus/universitas swasta yang masuk dalam kategori mahal akan dan ada yang sudah siap untuk bersaing secara international. Tapi pertanyaannya apakah kualitas cara mengajar dan penyampaiannya sudah lebih baik? Apakah para pengajar di dalam negeri sudah bisa meninggalkan budaya “hapalan”? dan menggantinya dengan budaya “membebaskan” kreatifitas berpikir mahasiswanya? Jawabannya anda yang dapat menilainya.

Dari segi networking (jejaring), bersaing setelah lulus kuliah baik di dunia kerja maupun dunia usaha akan sangat ditentukan oleh network yang kita miliki. Berkutat di dalam negeri sejak di bangku sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi tentu akan sedikit membatasi network kita. Dengan menempuh perguruan tinggi di luar negeri sudah tentu akan menambah wawasan, pola berpikir, budaya dan pasti network kita.

Dari segi peluang kerja, tidak bisa dipungkiri bahwa dampak dari globalisasi dan era pasar bebas dunia pasti akan terasa di dalam negeri. Jumlah penduduk Indonesia yang begitu besar sangat menggiurkan bagi para pebisnis dan perusahaan besar dunia untuk memasarkan produk/jasanya. Maka tidak heran semakin banyak produk-produk atau jasa yang berasal dari perusahaan asing. Tentunya merekapun akan lebih nyaman untuk menerima para karyawan atau eksekutif yang berasal dari perguruan tinggi di negaranya.

Misal perusahaan Jerman yang ada di Indonesia tentu akan lebih merasa nyaman untuk menempatkan para eksekutifnya yang kuliah di universitas negeri di Jerman dan lulusannya. Karena tentu mereka sudah lebih terbiasa dengan budaya, cara kerja dan tingkat kedisiplinan ketika di Jerman.

 

=======================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 17 Juli 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Alasan Kuliah di Jerman, Keunggulan Studi Di Jerman, Nama-nama Perguruan Tinggi di Jerman, Pentingnya Pendidikan Tinggi, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Pertimbangan dan Perbandingan Kuliah Di Jerman, Studi di Jerman and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.