Ranking Universitas di Jerman

seorang-siswa-dari-Lembaga-Alumni-Eropa-angk-2013-sedang-menikmati-keindahan-alam-saat-kuliah-di-Jerman-2014Salah satu keunikan saat Kuliah di Jerman adalah banyaknya para akademisi yang menolak sistem Ranking Universitas di Jerman. Di Jerman daftar urut universitas negeri menjadi sesuatu yang dianggap kurang perlu. Hal ini pula yang banyak ditanyakan oleh para orang tua maupun calon peserta Program Intensif Persiapan Kuliah di Jerman Lembaga Alumni Eropa (LAE) tentang apa universitas terbaik di Jerman ataupun daftar urut universitas-universitas di sana.

Urutan Ranking Universitas Negeri di Jerman semakin dikenal dan terus dipertanyakan. Namun semakin gencar pula terdengar kritikan di Jerman. Sejumlah universitas negeri ini bahkan telah memutuskan untuk menolak ambil bagian. Berikut kami kutip sebuah artikel dari situs dw.de tentang hal ini.

Presiden Universitas Hamburg, Dieter Lenzen mengatakan, ia sudah bosan menerima pertanyaan untuk penyusunan daftar peringkat atau ranking universitas. Beberapa kali setiap minggu ia ditanya agar jurusan terkait memberikan data-data, misalnya, jumlah guru besar, mahasiswa, di mana lulusannya bekerja dan berapa jumlah rata-rata tulisan dari profesor per tahun, berapa besar laboratorium fakultas tertentu dan berapa majalah ilmiah terdapat di perpustakaan.

Karena itu pimpinan universitas melihat perlunya tindakan dan baru-baru ini mengumumkan, mulai sekarang Universitas Hamburg tidak lagi mengikuti jajak pendapat bertautan dengan ranking, alumnus dan studi banding antaruniversitas.

Dieter Lenzen menyebut berbagai alasan. Selain terlalu banyak waktu dan tenaga yang dikuras, ia juga tidak setuju jika lembaga-lembaga akademis dipersaingkan dalam daftar urutan. “Kami juga berkewajiban untuk menawarkan pendidikan yang baik bagi kaum muda dan bukan lembaga yang bertugas memicu provokasi dalam kompetisi, di mana pada akhirnya kebanyakan mendapat penilaian buruk ketimbang baik, setidaknya ini yang terjadi dalam ranking.”

Daftar Peringkat Universitas Terbaik di Jerman memberikan gambaran keseluruhan yang sangat dipersempit dari universitas yang mengikutinya, tambah Lenzen. Tidak ada perguruan tinggi yang hanya top atau buruk, karena selalu ada nuansa dalam penilaian. Selain itu, bisa saja mahasiswa kuliah dengan baik pada universitas yang mendapat penilaian sebaliknya, tambah Lenzen.

Tidak hanya Presiden Universitas Hamburg yang berpendapat demikian. Universitas Leipzig juga memutuskan untuk sementara waktu menghentikan keterlibatannya dalam proses ranking. Ikatan Ilmuwan Sejarah Jerman dan juga Masyarakat Sosiolog Jerman menyerukan anggotanya untuk memboikot upaya menyusun Ranking Universitas Terbaik di Jerman.

 

=======================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 17 Juli 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Alasan Kuliah di Jerman, Keunggulan Studi Di Jerman, Nama-nama Perguruan Tinggi di Jerman, Pentingnya Pendidikan Tinggi, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Studi di Jerman and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.