PTN, PTS atau Kuliah di Luar Negeri?

Program-Intensif-Persiapan-Kuliah-di-Jerman-LAE-angkatan-2013-2014-tiba-di-Jerman-awal-Februari-2014Pilihan untuk kuliah di PTN, PTS atau Kuliah di Luar Negeri akan terus ada dalam benak para lulusan SMA. Apalagi masa-masa menjelang pengumuman kelulusan seperti sekarang ini. Beberapa juga bahkan bertanya pada kami di Lembaga Alumni Eropa (LAE). Karena ada juga alumni Eropa di LAE sempat mengalami kuliah di PTN (Perguruan Tinggi Negeri)atau PTS (Perguruan Tinggi Swasta) dalam negeri yang kemudian berangkat untuk kuliah di Jerman atau Eropa.

Untuk melengkapi wacana anda dalam menjawab pertanyaan diatas, kami akan coba menjabarkan perbedaan dari pilihan PTN, PTS atau Kuliah di Universitas Negeri di Luar Negeri sebagai berikut.

Biaya Kuliah

Untuk saat ini tidaklah selalu benar jika PTN lebih murah dari PTS, bahkan di beberapa kasus PTN jauh lebih mahal dari PTS. Dari kasus tersebut Anda harus mengukur kekuatan keuangan Anda, dan periksa baik-baik semua biaya yang terlibat dengan kuliah. Apalagi saat ini semakin banyak PTN yang menyelenggarakan jalur Ujian Mandiri yang cenderung seperti lelang biaya sumbangan untuk masuk ke PTN tersebut.

Yang menarik Kuliah di Luar Negeri khususnya di negera Jerman malah bisa membutuhkan biaya yang tidak jauh berbeda dengan kuliah di PTN ataupun PTS dalam negeri (baca: 3 Negara Termurah Sebagai Tujuan Kuliah di Luar Negeri).

Status Akreditasi

Setiap mahasiswa sebaiknya jeli dengan status akreditasi kampus dan bertanya baik-baik dengan pihak kampus tentang status akreditasi program studi yang akan ditempuh. Hasil akreditasi bisa dipergunakan acuan mutu suatu prodi. Jadi meskipun swasta jika akreditasinya A maka kampus tersebut bisa dijadikan pilihan untuk studi lanjut.

Universitas-unioversitas Negeri di luar negeri cenderung sangat serius diperhatikan dari sisi akreditasi oleh pemerintahnya. Bahkan banyak diantaranya yang memang sudah diakui berstandar International. Apalagi universitas-universitas negeri di Jerman (baca: Bagaimana Memilih Universitas Negeri di Jerman).

Fasilitas Kampus

Suatu kampus yang baik pasti akan menyediakan fasilitas untuk mendukung kesuksesan perkuliahan. Untuk kampus PTN secara umum tidak ada banyak masalah dengan fasilitas kampus karena ada standard yang pasti dari pemerintah seperti gedung yang sudah pasti, perpustakaan, dosen dll. Khusus kampus swasta perlu studi ke lapangan selain membaca brosur untuk memastikan gedungnya ada tidak (tidak sedikit kampus yang gedungnya hanya menyewa sehingga sering pindah-pindah), perpustakaan (tidak sedikit PTS yang memiliki perpustakaan yang minim buku), dosen atau staf pengajar (bisa dilihat status pengajarnya termasuk latar belakang pendidikan dosennya seperti apakah kampus tersebut memiliki dosen tetap yang cukup atau masih menggunakan dosen luar biasa), dan aneka fasilitas yang mendukung belajar mahasiswa.

Saat Kuliah di Luar Negeri apalagi Jerman, tentu masalah fasilitas kampus sudah sangat terjamin, karena pemerimtah Jerman sangat mengontrol dan memastikan tersedianya semua fasilitas yang di butuhkan oleh seluruh mahasiswa dan civitas akademikanya.

Pilihan tentu ada ditangan anda, baik selaku orang tua ataupun calon mahasiswa. Yang pasti jangan pernah anda memilih cuma karena terpaksa, karena tidak lulus PTN lalu terpaksa memilih PTS. Atau karena tidak diterima di PTN lalu terpaksa “melarikan diri” untuk kuliah di Luar negeri. Karena suasana hati & tingkat kepercayaan diri anda pasti akan berbeda yang menyebabkan akan berbeda pula hasilnya kelak. So, tentukan jauh-jauh hari pilihan PTN, PTS atau Kuliah di Universitas Negeri di Jerman.

 

=======================================================

PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 5 Juni 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Alasan Kuliah di Jerman, Keunggulan Studi Di Jerman, Pentingnya Pendidikan Tinggi, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Studi di Belanda, Studi di Italia, Studi di Jerman, Studi di Perancis and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.