Bagaimana Meyakinkan Orang Tua agar Diizinkan Kuliah di Luar Negeri?

Staf-&-Pengajar-Lembaga-Alumni-Eropa-saat-Pre-Aufnahmeprufung-Desember-2013Bagaimana Meyakinkan Orang Tua agar Diizinkan Kuliah di Luar Negeri? Inilah beberapa pertanyaan melalui email yang kerap masuk ke redaksi blog Lembaga Alumni Eropa (LAE). Maka di artikel kali ini kami akan berbagi pengalaman dari para peserta Program Intensif Persiapan Studi di Jerman dan Eropa. Di LAE para peserta sedang mengikuti kursus bahasa Jerman akademik (bukan hanya bahasa percakapan biasa) yang sudah dirancang khusus oleh para alumni Eropa.

Ketika Anda (apalagi yang masih sekolah di tingkat SMA) sangat antusias ingin kuliah ke luar negeri, orang tua Anda mungkin tidak berpikir demikian. Tentu saja banyak faktor yang mempengaruhi pikiran mereka, misalnya faktor keuangan, mereka tidak yakin Anda bisa hidup sendiri di negara asing dan sebagainya. Tentu saja tanpa ijin orang tua, mimpi Anda untuk kuliah ke luar negeri tidak akan menjadi kenyataan. Jadi, bagaimanakah cara meyakinkan orang tua untuk membiarkan Anda kuliah ke luar negeri?

Bicarakan Rencana Anda Ini Jauh-jauh Hari

Jika Anda membicarakan hal ini secara mendadak, mungkin sulit bagi mereka untuk menerima pemikiran Anda. Bahkan mereka akan menganggap ini hanya mimpi sesaat Anda, dan Anda akan melupakannya tidak lama lagi. Jadi sebaiknya Anda membicarakan hal ini jauh-jauh hari sebelumnya, dan lakukanlah secara berkala.

Dengan begitu, mereka akan lebih yakin dengan niat Anda, bahwa Anda memang bersungguh-sungguh ingin kuliah ke luar negeri dan dengan alasan yang tepat. Selain itu, mereka juga ada kesempatan untuk mengatur anggaran dan menyiapkan biaya kuliah yang Anda perlukan nanti.

Perhatikan dan Jagalah Sikap Anda

Kemandirian dan rasa tanggung jawab Anda adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi keputusan orang tua Anda. Jika Anda dinilai sebagai seorang anak yang giat belajar, mandiri, penuh rasa tanggung jawab, bisa mengambil keputusan yang tepat, maka orang tua Anda pasti akan lebih tenang membiarkan Anda hidup di luar negeri, tanpa pengawasan mereka.

Tetapi sebaliknya, jika Anda menunjukkan sikap cengeng, manja, dan malas belajar, bagaimana orang tua Anda bisa tenang membiarkan Anda kuliah ke luar negeri? Apalagi kuliah ke luar negeri pastinya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jadi, jika Anda memang sungguh-sungguh berniat untuk kuliah ke luar negeri, jadilah seorang pribadi yang mandiri, bertanggung jawab dan bisa dipercaya.

Ajak Orang Tua berkonsultasi ke Lembaga Alumni Dari Negara Tujuan Anda Kuliah Nanti

Jika Anda hanya bilang “Saya ingin kuliah ke luar negeri!” tanpa melakukan apa-apa, kecil kemungkinan permintaan Anda akan dikabulkan oleh orang tua Anda. Akan tetapi, jika Anda menunjukkan bahwa Anda telah mencari berbagai informasi mengenai universitas pilihan Anda, jurusan yang ingin Anda tekuni, biaya kuliah dan perkiraan biaya hidup, beasiswa yang disediakan, mungkin orang tua Anda akan mempertimbangkannya.

Kamu bisa langsung mengajak orang tua berkunjung ke sebuah Lembaga Alumni atau wadah para alumni yang telah lebih dulu kuliah di negera yang akan menjadi tujuan kamu. Kenapa harus ke sebuah lembaga alumni? Karena lembaga alumni tentu berbeda dengan perusahaan konsultan pendidikan. Dari alumni kita akan mendapat informasi yang sangat akurat karena yang menyampaikan adalah orang-orang yang memang sudah melakukan dan berhasil mendapatkan gelar kesarjanaan di luar negeri.

Prospek Kerja di Luar Negeri

Di Lembaga Alumni juga anda akan mendapatkan informasi mengenai prospek kerja di Luar Negeri. Untuk apa kuliah? Tentu saja untuk masa depan yang lebih baik. Masa depan yang baik identik dengan karir yang baik, dimana pemasukan Anda bisa menjamin kesejahteraan Anda dan keluarga. Jika Anda menjamin dengan kuliah ke luar negeri bisa mendapatkan karir yang baik, kemungkinan besar orang tua Anda akan setuju dengan keputusan Anda.

Jadi, sampaikanlah kepada orang tua Anda gambaran mengenai prospek kerja di sana. Begitu Anda lulus kuliah, lowongan kerja apa saja yang tersedia dan jika bisa mengetahui estimasi gaji yang bisa Anda dapatkan, akan lebih baik lagi. Kemudian beberapa jurusan mengharuskan magang, dimana hal ini selain membantu Anda mencari pengalaman kerja, juga bisa untuk meringankan biaya hidup Anda. Carilah informasi lebih jelas mengenai hal ini, misalnya menceritakan contoh pengalaman magang, dan sampaikanlah semua informasi kepada orang tua Anda. Dengan cara-cara diatas kemungkinan besar orang tua anda akan setuju and kuliah di Luar negeri.

 

=======================================================

PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 5 Juni 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Alasan Kuliah di Jerman, Pentingnya Pendidikan Tinggi, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Persiapan Studi di Belanda, Persiapan Studi di Perancis, Studi di Belanda, Studi di Italia, Studi di Jerman, Studi di Perancis and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.