Mau Kuliah di Luar Negeri? Tanyakan Beberapa Hal ini ke Diri Sendiri

mau-kuliah-di-luar-negeri-simak-beberapa-pertanyaan-berikutDi beberapa kali sesi konsultasi yang diselenggarakan di Lembaga Alumni Eropa (LAE), beberapa orang tua yang datang bersama anaknya, malah bertanya balik kepada anak-anaknya, “sudah yakin Mau kuliah di Luar Negeri?” Pertanyaan ini kerap terlontar baik dari kami para alumni maupun orang tua kepada anaknya. Maka beberapa contoh pertanyaan dibawah ini mungkin akan membantu untuk kamu yang punya keinginan untuk kuliah di luar negeri.

Seberapa lama kamu bisa hidup sendiri tanpa ditemani keluarga?

Ini pertanyaan pertama yang harus mampu kamu jawab dengan meyakinkan bahwa kamu adalah orang yang mampu berpisah dengan keluarga demi menggapai cita-cita dengan melanjutkan kuliah di Luar negeri. Apalagi saat ini teknologi sudah semakin canggih sehingga jarak sudah bukan menjadi masalah. Tiap saat kamu bisa chatting, telpon, sms dan berbagai sarana lainnya. So tidak terasa sendirian juga kan?

Apakah saya lebih cocok dengan kehidupan di kota besar atau di kota kecil?

Hal ini akan berpengaruh pada kehidupan sosial kamu. Perlu kamu ingat, kuliah tidak hanya menyangkut prestasi akademis. Tujuan dari kuliah adalah demi masa depan yang lebih baik. Kualitas kehidupan sosial kamu saat kuliah tidak boleh diabaikan. Selain mengejar prestasi, kamu perlu bergaul dan berbaur dengan lingkungan setempat. Hal ini akan memberikan sumbangan besar dalam pengalaman kamu yang nantinya akan membentuk karakter.

Jadi, pilihlah daerah yang sesuai dengan kepribadian kamu. Jika kamu memang lebih menyukai kehidupan yang tenang, jangan paksakan diri untuk hidup di kota besar. Atau sebaliknya, jika kamu sudah terbiasa dengan kehidupan kota besar, jangan paksakan diri untuk hidup di daerah yang membosankan. Carilah lingkungan dimana kamu bisa memanfaatkan waktu kuliah kamu dengan baik untuk mendalami ilmu dan memperkaya diri dengan pengalaman-pengalaman yang bermakna.

Apakah saya bisa berbagi kamar dengan orang lain?

Kebudayaan kampus berbeda-beda di tiap negara. Di Jerman dan negara Eropa lainnya, para mahasiswa pada umumnya tinggal di asrama dimana terdapat beberapa tempat tidur dalam satu kamar. Pilihan lainnya adalah tinggal di apartemen dengan teman-teman seapartemen yang belum kamu kenal. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah apakah kamu bisa menyesuaikan diri dengan orang lain yang tidak kamu kenal? Jika kamu kuliah ke luar negeri dengan sekelompok teman, maka tidak menjadi masalah. kamu dan teman-teman bisa menyewa apartemen. Tetapi jika tidak, dan kamu merasa lebih nyaman tinggal sendiri, pilihlah kamar single. Ingatlah, bahwa kamu perlu menjaga kondisi emosional agar bisa memberikan hasil yang terbaik bagi studi kamu. Jadi kamu perlu mencari tempat tinggal yang nyaman.

Beberapa pertanyaan lain akan dibahas di edisi berikutnya. Yang pasti kami di Lembaga Alumni Eropa (LAE) senantiasa terbuka untuk dijadikan sebagai tempat referensi dan informasi bagi anda yang berminat untuk melanjutkan kuliah S-1 atau S-2 di Luar negeri khususnya di Jerman sebagai negara tujuan kuliah yang termurah biaya hidupnya (baca: 3 Negara Termurah Sebagai Tujuan Kuliah di Luar Negeri) dan di negara Eropa lainnya.

 

=======================================================

PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 5 Juni 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Pentingnya Pendidikan Tinggi, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Studi di Belanda, Studi di Italia, Studi di Jerman, Studi di Perancis and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.