Kuliah di Jerman & Persiapan Menghadapi Culture Shock

sebagian-besar-peserta-program-intensif-persiapan-studi-di-Jerman-LAE-2013Sebagian besar para peserta Program Intensif Persiapan Studi di Jerman tahun 2013 di Lembaga Alumni Eropa (LAE) beberapa hari lagi mulai berangkat untuk Kuliah di Jerman. Saat ini para peserta sedang mempersiapkan segala perbekalan dan pakaian untuk memulai kehidupan baru di Jerman. Persiapan lain yang juga penting adalah dari sisi mental. Dalam menghadapi perubahan kondisi di negera baru dengan budaya baru sebagian besar mahasiswa pendatang akan mengalami Culture Shock.

Culture shock dianggap sebagai hal yang wajar bagi sebagian besar mahasiswa internasional yang sedang Kuliah di Jerman. Namun, hal tersebut jangan dianggap remeh karena dapat memicu timbulnya depresi akut. Untuk itu, bagi kamu yang berniat melanjutkan kuliah ke luar negeri, ada baiknya baca dulu artikel ini.

Biasanya, mahasiswa yang mengalami culture shock adalah mereka yang masih labil dalam beradaptasi. Keadaan lingkungan terutama kampus dan kelas yang tidak sesuai harapan dikenal menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya gejala culture shock.

Culture shock sangat berkaitan dengan keadaan dimana ada kekhawatiran dan galau berlebih yang dialami orang-orang yang menempati wilayah baru dan asing.

Lalu, bagaimana agar tidak mengalami depresi akibat culture shock? Jawabannya adalah tambah wawasan kamu mengenai negara tujuan kuliah. Cara terbaik adalah dengan membaca buku panduan tentang negara tujuan, bertanya kepada orang yang pernah tinggal di sana, browsing di internet, dan yang paling penting jangan membayangkan kehidupan di sana seperti yang selalu kita tonton di film atau televisi. Bisa-bisa kamu malah terjebak dalam halusinasi dan kesalahpahaman.

Cari tahu juga mengenai budaya, kebiasaan, olahraga yang populer di negara tujuan hingga topik pembicaraaan sehari-hari serta bahasa tubuh. Satu lagi yang perlu kamu ketahui adalah selera humor di negara tujuan, jangan sampai bahan berckamu kita di tanah air malah menyinggung perasaan teman di negara asing, menjengkelkan atau bahkan garing.

Setibanya di negara tujuan, segera kenali kehidupan setempat dan ketahui tempat-tempat penting seperti kantor pos, toko, dokter, dan kantor pelayanan mahasiswa internasional. Semua itu tentu saja tidak akan berjalan mulus jika kamu merasa takut dan was-was terhadap lingkungan baru. Jadi, beranilah bertanya tentang keadaan dan adat di tempat baru. Selain itu, baca juga koran lokal sehingga kamu tahu topik pembicaraan yang sedang hangat dan bisa kamu diskusikan dengan teman-teman baru di Universitas tempat kuliah di Jerman.

 

=======================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 17 Juli 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Adat dan Kebiasaan Warga Eropa, Keunggulan Studi Di Jerman, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Studi di Jerman and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.