Perbedaan Kuliah dan Sekolah : Proses Adaptasi Yang Harus Dipahami

kegiatan-praktikum-para-mahasiswa-teknik-industri-di-Jerman-www.alumnieropa.org-lembaga-alumni-eropaPerbedaan Kuliah dan Sekolah menjadi bagian dari hal-hal yang akan dipelajari saat mengikuti Program Intensif Persiapan Kuliah di Jerman di Lembaga Alumni Eropa (LAE). Apa sih perbedaan kuliah sama waktu sekolah? Bukankah sama-sama mengikuti pelajaran dalam kelas, ngerjain tugas, trus ikut ujian? Jawaban singkatnya adalah kuliah di universitas menuntut kemandirian.

Hanya dengan mengikuti kelas kuliah tidak menjamin Anda bisa mengerjakan tugas dan mendapat nilai yang bagus saat ujian. Jika semasa sekolah kita hanya mengikuti pelajaran di kelas, sewaktu kuliah kegiatan belajar lebih bervariasi. Perbedaan Kuliah dan Sekolah dari sisi Kemandirian adalah dalam mengelola waktu untuk belajar.

Beberapa bentuk kegiatan belajar pada saat kuliah diantaranya adalah

Kelas kuliah: Kegiatan ini diadakan di ruang yang besar. Semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini akan menghadiri kelas kuliah. Kegiatan belajarnya lebih pasif. Biasanya dosen menyampaikan materi pelajaran, mahasiswa membuat catatan. Dosen menjelaskan dan mahasiswa mendengarkan. Tanya jawab sangat jarang dilakukan.

Seminar: Jumlah mahasiswa yang mengikuti seminar lebih sedikit jika dibandingkan dengan kelas kuliah. Pengajarannya juga lebih interaktif. Mahasiswa diharapkan untuk mengajukan pertanyaan, mengemukakan ide dan pendapat mereka. Kadang mahasiswa juga diminta untuk melakukan presentasi, sehingga perlu menyiapkan diri sebelumnya.

Tutorial: Kelas ini lebih kecil lagi dari seminar. Bisa jadi hanya antara dosen dan Anda sendiri (tetapi kejadian ini tidak umum). Di kelas tutorial, dosen akan membahas topik-topik tertentu, atau mengadakan diskusi dengan topik yang lebih spesifik. Biasanya sebelum menghadiri tutorial Anda harus mengerjakan tugas (PR) atau menyiapkan presentasi.

Praktek: Kegiatan ini untuk mempelajari keahlian praktikal di laboratorium, studio, lokakarya, atau tempat lain yang sesuai, tergantung mata kuliah Anda.

Porsi dari tiap kegiatan bisa berbeda-beda. Metode pengajaran juga bisa berbeda-beda tergantung universitas dan mata kuliah. Ada mata kuliah yang bersifat lebih teoritis, dan ada mata kuliah yang bersifat lebih praktikal. Misalnya untuk mata kuliah sains, mahasiswa akan menghabiskan banyak waktu di kelas kuliah untuk mempelajari dan di laboratorium untuk mengadakan penelitian.

Hal-hal seperti diataslah yang menjadi bagian dari materi-materi yang akan didapatkan di program intensif persiapan kuliah di Jerman di Lembaga Alumni Eropa. Termasuk pemahaman seperti Perbedaan Kuliah dan Sekolah secara Mentalitas. Sumber: Hotcourses.co.id

 

=======================================================

PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 5 Juni 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Pentingnya Pendidikan Tinggi, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Persiapan Studi di Belanda, Persiapan Studi di Perancis, Pertimbangan dan Perbandingan Kuliah Di Jerman and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.