Lulus SMA Lanjut Kuliah di Jerman

seorang-mahasiswi-Indonesia-dari-Lembaga-Alumni-Eropa-angkatan-2013-2014-sedang-tampil-dengan-tari-Bali-nya-di-acara-Indonesische-Abend-JermanSetelah Lulus SMA Lanjut Kuliah di Jerman Tentu pilihan yang menarik untuk dipertimbangkan. Masa Ujian Nasional (UN) tahun 2014 di Indonesia dimulai serentak hari ini. Segala persiapan telah dilakukan baik oleh para murid mupun para guru. Semoga ujian ini merupakan tahapan akhir proses belajar di kelas yang selama ini sudah dijalani. Begitu banyak artikel di blog Alumni Eropa ini yang menjelaskan tentang betapa menariknya untuk melanjutkan kuliah di Jerman.

Jika anda berminat, setelah lulus SMA langsung kuliah di Jerman kelak, maka ada beberapa hal yang harus dibiasakan dari sekarang. Diantaranya kebiasaan untuk berinisiatif penuh dan bersikap mandiri dalam menjalani perkuliahan. Mahasiswa Jerman sangat mandiri dan terbiasa untuk mengorganisir diri dengan urusan di universitas. Bahan perkuliahan dan daftar mata kuliah disusun mereka sendiri dan jika ingin bertemu dengan profesor, mereka yang mengambil inisiatif.

Setiap mahasiswa asing membawa kebiasan belajar dari tanah airnya, tutur seorang Dosen di Jerman. Contoh yang mengejutkan adalah baik mahasiswa India maupun Israel senang sekali beragumentasi. Mereka tidak percaya begitu saja dengan apa yang disampaikan oleh dosen dan semua dipertanyakan. Berbeda dengan mahasiswa Cina. Mereka sangat rajin dan tidak banyak bertanya. Ini beberapa hal yang menjadi kebiasaan lama yang sangat mungkin terbawa pada saat kuliah di Jerman.

Mengingat masih banyaknya mahasiswa International kesulitan dalam mengatur perkuliahannya, maka diselenggarakanlah loka karya bagi mahasiswa untuk memberikan saran-saran penting terkait kuliah. Loka karya tersebut, yang dinamakan Piasta-Programm, digelar oleh departemen di Universitas Hamburg yang mengurusi hal-hal internasional. Program ini memberikan bantuan bagi mahasiswa Jerman maupun internasional untuk melewati keseharian dan tuntutan studi. Misalnya „Bagaimana mendapat bahan kuliah? Bagaimana cara menggunakan mesin fotokopi? Bagaimana cara meminjam buku di perpustakaan?“, demikian pertanyaan yang sering dilontarkan mahasiswa baru. Dikatakan juga, bahwa bahasa Jerman sering menjadi kendala.

Seorang Mahasiswi ekonomi Damares Zimmermann asal Brasil menceritakan, bahwa di awal studi bahasa Jerman merupakan masalah besar baginya. Semua bahan perkuliahannya terpaksa diterjemahkan ke dalam bahasa Portugis terlebih dahulu, baru ia dapat mempelajarinya.

Hal inilah yang mendorong kami di Lembaga Alumni Eropa untuk merancang dan menyelenggarakan Program Intensif Persiapan Kuliah di Jerman dengan materi pokok pembelajaran bahasa Jerman akademik selama 6 – 8 bulan dengan konsep native speaker. Agar semua calon mahasiswa asal Indonesia tak lagi canggung ketika menjalani perkuliahan apalagi bagi anda yang setelah Lulus SMA berniat langsung Kuliah di Jerman.

 

=======================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 17 Juli 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Keunggulan Studi Di Jerman, Nama-nama Perguruan Tinggi di Jerman, Persiapan Bahasa, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Studi di Jerman and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.