Jalur Mandiri PTN Sama Dengan PTS ?

3-negara-termurah-sebagai-tujuan-kuliah-di-luar-negeri-www.alumnieropa.orgBenarkah Jalur Mandiri PTN Sama Dengan PTS? Pertanyaan ini patut kita simak berkaitan dengan semakin banyaknya pembicaraan tentang hal ini. Persiapan SBMPTN 2014 tentu sudah semakin giat dilakukan oleh para lulusan SMA tahun 2014 ini maupun lulusan tahun-tahun sebelumnya. Yang menarik beberapa tahun belakangan beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diberikan wewenang untuk menyelenggarakan jalur ujian mandiri di masing-masing PTN tersebut.

Jalur Mandiri PTN 2014 adalah nama yang digunakan oleh masyarakat secara umum untuk menyebut sistem penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Untuk Penerimaan Mahasiswa S-1 pada perguruan tinggi yang dikelola oleh pemerintah, sistem penerimaan diatur oleh PP No 66 Tahun 2010. Karena dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri (tidak seperti SNMPTN yang dilaksanakan secara bersama-sama di bawah koordinasi Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional), Jalur Mandiri dilaksanakan secara tidak seragam dan bergantung kepada kebijakan masing-masing perguruan tinggi negeri. Jalur Mandiri juga dapat berupa tes, sehingga sering disebut pula dengan Ujian Mandiri.

Jalur mandiri adalah kesempatan untuk mengejar kursi terakhir di PTN bagi lulusan SMA tahun ini yang tidak lolos melalui Jalur Undangan dan Jalur Tulis SBMPTN 2014. Kesempatan tersebut bisa diperoleh melalui jalur Mandiri yang diadakan oleh beberapa PTN. Dari sisi teknis pelaksanaan ada dua tipe jalur Mandiri PTN ini, yaitu (i) Jalur Mandiri yang pelaksanaannya diadakan eksklusif oleh satu PTN dan (ii) jalur Mandiri yang pelaksanaannya bersama oleh beberapa PTN. Dari sisi metode penerimaan ada dua tipe yaitu (i) melalui tes dan (ii) tanpa tes, berdasarkan nilai SNMPTN.

Jalur mandiri sering disebut sebagai pintu masuk terakhir bagi seseorang yang begitu ngotot ingin melanjutkan kuliah di PTN. Dan karena sistem mandiri inilah akhirnya pihak PTN pun yang sekarang rata-rata sudah sebagai badan hukum mandiri, memiliki wewenang untuk menentukan besarnya biaya sumbangan sebagai biaya masuk ke PTN tersebut. Dari informasi yang kami dapat dari para orang tua di tahun 2013 saja beberapa PTN “menetapkan” biaya sumbangan ratusan juta atau bahkan sampai ke angka milyaran.

Lalu apa bedanya jalur mandiri PTN dengan PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang sudah ada? Dari segi biaya bahkan ada beberapa PTN yang lebih mahal daripada PTS yang sudah lebih populer. Lalu kenapa tidak sekalian saja untuk melanjutkan Kuliah di Universitas Negeri di Luar Negeri misalnya Jerman, yang secara biaya bisa lebih murah dibanding Jalur Mandiri PTN Dengan Biaya Yang Mahal?

 

=======================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 17 Juli 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Alasan Kuliah di Jerman, Pentingnya Pendidikan Tinggi, Pertimbangan dan Perbandingan Kuliah Di Jerman and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.