Masuk Ke PTN Jalur Mandiri

Peluang Masuk ke PTN Jalur Mandiri akan menjadi alternatif bagi para siswa lulusan SMA tahun 2014 ini. Dari jalur-jalur yang ada tentu semua perlu persiapan yang serius. Diantaranya persiapan materi ujian maupun persiapan finansial. Khususnya untuk jalur mandiri yang memang diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing universitas ataupun perguruan tinggi negeri tersebut.

Ditahun 2014 ini ada 3 (tiga) Jalur Masuk ke PTN yang Berlaku sekarang. Masuk ke PTN Jalur Mandiri maupun Jalur Seleksi Bersama, tersebut adalah:

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pada tahun 2011 dan 2012, SNMPTN merupakan istilah untuk jalur test tertulis, sedangkan yang tanpa test tertulis disebut Jalur Undangan. Tahun 2013 dan 2014 SNMPTN merupakan istilah untuk Jalur Undangan tanpa test tertulis. Seleksi SNMPTN berdasarkan prestasi akademik siswa, yaitu rapor, nilai ujian nasional, dan prestasi lain. Ada delapan variabel penghitungan, termasuk persentase kakak kelas yang diterima PTN, juga IPK-nya. Minimal 50 persen dari kuota setiap program studi atau perguruan tinggi negeri.

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Karena SNMPTN yang berlaku tahun 2011 dan 2012 sebagai test tertulis sudah diganti artiya jadi Jalur Undangan, maka istilah SBMPTN merupakan istilah untuk Jalur Ujian Tertulis. Khusus untuk yang mengambil program studi olah raga dan kesenian juga dengan test keterampilan. Minimal 30 persen dari kuota setiap program studi atau perguruan tinggi negeri.

3. Jalur mandiri diserahkan sepenuhnya ke setiap PTN. Minimal 20 persen dari kuota. Istilah dan ketentuan untuk jalur mandiri ini berbeda di setiap PTN. Baca dan pelajari istilah, arti, prosedur dan kriteria jalur mandiri di web masing-masing PTN tersebut.

Khusus mengenai jalur mandiri yang masih sering menjadi perdebatan adalah mengenai biaya sumbangan ke PTN tersebut. Di tahun 2013 saja beberapa orang tua yang berkunjung ke sekretariat Lembaga Alumni Eropa (LAE) mengeluhkan betapa tingginya biaya sumbangan masuk ke PTN jalur Mandiri tersebut.

Apalagi setelah kami, para alumni Jerman membeberkan biaya untuk melakukan pendaftaran Kuliah di Jerman yang ternyata jauh lebih murah dibanding biaya sumbangan masuk ke PTN tersebut. Sementara perbandingan kualitas Universitas Negeri di dalam negeri dengan Universitas Negeri di Jerman yang masih jauh berbeda. Maka pilihan di tangan anda, Masuk Ke PTN jalur Mandiri atau Kuliah di Universitas Negeri di Jerman?

 

=======================================================

PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 5 Juni 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Alasan Kuliah di Jerman, Keunggulan Studi Di Jerman, Pentingnya Pendidikan Tinggi, Pertimbangan dan Perbandingan Kuliah Di Jerman, Studi di Jerman and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.