Waktu Ujian Selama Studi di Jerman dan Tantangan Baru – Seri Pengalaman Hidup di Jerman

Hallo Sahabat Lembaga Alumni Eropa, disini kita akan membaca pengalaman hidup dari sahabat Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta yang beralamat di jalan Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah, Jakarta Selatan, 12310, dengan no hp 0813 8480 9179, yang sedang studi atau kuliah di Perguruan tinggi Negeri Jerman. Pengalaman saat akan, sedang dan setelah ujian semester yang dialami nya. Selama studi atau kuliah di Jerman pasti akan di hadapkan setiap semester dengan ujian dan ujian. Dan di akhir studi akan ada pembuatan skripsi atau tugas akhir. Mari kita ikuti pengalaman yang menarik dari Rieska selama studi di Jerman.

Studi kasus jurusan hukum dasar Jerman
Semester baru sudah dimulai dan saya rasa hampir semua mahasiswa senang dengannya. Di Universitas Mainz, semua orang mencoba belajar di luar dan berbaring di bawah sinar matahari di sela-sela kuliah. Saya juga tidak bisa melewatkan kesempatan ini, jadi saya menulis artikel ini dan menikmati cuaca musim semi yang indah ini pada saat yang bersamaan.

AKHIR SEMESTER MUSIM DINGIN
Akhir semester musim dingin agak melelahkan bagi saya. Saya harus banyak belajar untuk ujian dan ujian, menulis makalah dan juga menulis beberapa artikel tentang berbagai topik. Saya belajar hukum dan kebanyakan mahasiswa hukum menulis ujian dan tidak mengerjakan ujian lisan. Tetapi program master saya disusun sedemikian rupa sehingga kami harus melakukan keduanya: ujian tulis dan ujian lisan. Menulis ujian dengan mahasiswa Jerman lainnya adalah tantangan nyata bagi saya. Dalam suatu kasus, kalian diberikan sebuah kasus (pernyataan faktual tentang apa yang terjadi) untuk dianalisis lebih lanjut dalam urutan tertentu (urutan ini disebut “gaya laporan”). Itu berarti kalian tidak bisa hanya menulis semua pemikiran dan pengetahuan kalian tentang topik tersebut. Kalian harus menyusun semuanya dengan benar. Jika solusi dan jawabannya benar tetapi strukturnya salah, kalian tidak mendapatkan poin. Sistem ini benar-benar baru bagi saya dan sejujurnya, bahkan setelah ujian saya tidak begitu mengerti cara kerjanya. Ya, kalian harus selalu terus belajar. System ini yang berlaku di Jerman, jadi kalian harus terbiasa aktiv.

SEMINAR KERJA
Bagi saya, menulis makalah seminar dalam bahasa Jerman juga sangat mengasyikkan, tetapi sedikit melelahkan. Saat ini saya sedang mempelajari dasar-dasar hukum Jerman (yaitu apa itu transaksi hukum, apa yang kalian butuhkan untuk kontrak pembelian dan hal-hal seperti itu) dan saya menghadiri kuliah untuk mahasiswa baru. Tapi masalahnya untuk seminar saya harus mengambil topik dari semester 5 atau 6. Ketika saya mendapatkan topik saya dari profesor (Ini disebut “Pembatasan Kewajiban Organ melalui Kompensasi Internal”), saya tidak tahu tentang apa itu. Setelah 4 minggu, sekitar 35 buku dan artikel dan berjam-jam di perpustakaan saya menyelesaikan pekerjaan saya. Saya yakin karya ini tidak ideal, tetapi sekarang saya tidak takut dengan karya tulis.

UJIAN LISAN
Ujian lisan pertamaku di semester musim dingin tidak semudah itu, tapi menarik. Kuliah ini disebut “Hukum Kewajiban Umum” dan seperti yang saya katakan sebelumnya, sangat tidak biasa ketika kalian memiliki ujian lisan di akhir kuliah di Sekolah Hukum. Tetapi dalam kasus saya, saya harus melakukannya secara lisan. Selama kuliah, dosen saya selalu mengatakan bahwa seorang mahasiswa selalu kekurangan satu hari untuk mempersiapkan ujian dengan baik. Apakah kalian sudah belajar selama sebulan, seminggu, atau hanya tiga hari, selalu ada hari yang terlewatkan. Itu sama bagi saya pada tes pertama di Jerman. Aku duduk di sebelah ruangan, membolak-balik catatanku lagi, berpikir aku sudah melupakan semua yang telah kupelajari selama semester itu. Saat itu saya cukup khawatir. Tapi ketika ujian dimulai, semua kekhawatiran saya hilang. Saya hanya fokus pada pertanyaan dan sedikit pada teks undang-undang yang bisa kita ambil untuk ditinjau. Mungkin kedengarannya agak aneh, tetapi hanya selama ujian saya menyadari bahwa saya sangat menyukai topik ini dan saya ingin membaca lebih lanjut tentangnya. Ini adalah pertama kalinya saya sangat senang dan terinspirasi setelah ujian. Dan aku berhasil lulus ujian ini.

Periode ujian di Jerman ini mengajari saya lebih banyak daripada yang terlihat pada pandangan pertama. Ini memberi saya motivasi untuk terus belajar hukum Jerman, tidak takut akan kesulitan dan untuk memulai tugas baru dengan mudah dan menarik. Dan akhirnya: cobalah setidaknya sekali untuk tidak menganggap tugas baru yang sulit sebagai sesuatu yang buruk atau rumit, tetapi sebagai peluang baru yang pasti akan mengajari kalian sesuatu.

Sahabat Lembaga Alumni Eropa, pengalaman studi di Jerman dari sahabat kalian tersebut diatas adalah suatu motivasi bahwa dengan semangat dan kerja keras semua ujian dan ujian dapat di selesaikan dengan baik. System atau metode belajar harus dirubah dari kebiasaan yang buruk. Sistem belajar kelompok atau belajar bersama dengan teman-teman di kampus sangatlah di utamakan, tidak akan mampu kalau kalian belajar sendiri, karena ada beberapa materi yang harus di kerjasamakan dan cukup banyak teori yang harus kalian pelajari.

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 4 Juli 2022.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start 4 Juli 2022


Program kerja sosial Start 4 Juli 2022


Program persiapan bahasa Jerman Online akan dimulai pada tanggal Senin / 4 Juli 2022.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Gedung Hijau 2 No 18. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 4 Juli 2022 dan SozialWork Class: Senin / 4 Juli 2022

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Etika dan Perilaku Warga Jerman, Keunggulan Studi Di Jerman, Pertimbangan dan Perbandingan Kuliah Di Jerman and tagged , , . Bookmark the permalink.