Persiapan Penting Sebelum Kuliah di Eropa, Apa Saja?

beberapa-universitas-negeri-di-jerman-sebagai-tujuan-anda-kuliah-di-jerman-2015-melalui-www.alumnieropa.org-Jakarta

Beberapa hal berikut merupakan Persiapan Penting Sebelum Kuliah di Eropa berdasarkan pengalaman para alumni Eropa di Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta. Pengalaman para alumni haruslah benar-benar menjadi pelajaran berharga bagi anda yang berminat untuk kuliah di Eropa. Maka informasi dari seorang marketing agen pendidikan ke luar negeri yang belum mengalami sendiri, tentulah tidak mencukupi.

Pengalaman berharga dari para alumni Eropa inilah yang harus anda manfaatkan sebagai bahan informasi aktual dan faktual sebagai Persiapan Penting Sebelum Kuliah di Eropa Terkini. Maka para alumni Eropa di LAE yang beralamat di Jalan Mendawai I No. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 dengan no kontak 0853 1154 4185 & 0813 1811 1017, menyediakan waktu khusus bagi anda yang berminat untuk berkonsultasi langsung tentunya dengan membuat perjanjian terlebih dahulu.

Perbedaan besar dalam menjalani studi di Eropa dan Indonesia, mulai dari gaya belajar hingga suasana perkuliahan, terbukti tidak mengurangi minat pelajar Indonesia terbang ke sana. Berdasarkan data European Higher Education Fair (EHEF), ada lebih dari 9.000 mahasiswa Indonesia yang kuliah di Eropa.

Mimpi kuliah ke Eropa pun bukan hal yang tidak mungkin diraih. Setiap tahunnya, tersedia sekitar 1.600 beasiswa pendidikan tinggi untuk siswa Tanah Air yang didanai oleh Uni Eropa serta negara-negara anggotanya. Agar tak kaget, ada baiknya calon mahasiswa mengenali perbedaan sistem belajar di Eropa sebelum berangkat melanjutkan kuliah. Berikut ini beberapa perbedaan yang akan ditemui:

Tuntutan untuk mandiri

Sistem pembelajaran di Eropa mendukung mahasiswa untuk mandiri dan kritis. Dosen berperan sebagai pendamping dan lebih banyak memberikan diskusi dua arah daripada menggurui. Di sana membaca bukan lagi sekadar hobi mahasiswa, tetapi sebuah kewajiban. Buku, jurnal atau riset yang telah dipelajari sendiri itu kemudian akan menjadi bahan pengajaran setiap kelas.

Mahasiswa lalu ditantang untuk menganalisis dan kritis dalam mencari pemecahan masalah. Tak jarang pengajar juga menyajikan proyek atau penelitiannya sendiri untuk diteliti.

Sistem ECTS

European Credit Transfer System (ECTS) adalah sistem kredit yang kita kenal dengan Satuan Kredit Semester (SKS). Sistem ini adalah akumulasi nilai yang mencatat kinerja siswa berdasarkan beban kerja dalam menyelesaikan pembelajaran.

Kredit dapat dilampirkan pada berbagai program belajar, seperti seminar, projek, ujian, atau hasil kursus. Asyiknya, nilai pada ECTS bisa menjadi bekal pelajar untuk melakukan studi di universitas atau lembaga pendidikan lainnya di Eropa. ECTS ini berlaku di semua negara Uni Eropa. Mayoritas institusi pendidikan juga memberikan nomor ECTS dalam setiap pelajaran atau modul.

Suasana kampus

Rata-rata lingkungan kampus di Eropa dirancang khusus untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Universitas biasanya tidak menyediakan tempat tinggal atau asrama bagi mahasiswa. Kampus pun tidak berperan besar dalam kehidupan pribadi mahasiswa. Mereka justru didukung agar melakukan perjalanan ke negara-negara terdekat atau mencari pengalaman kerja ketika masa liburan tiba.

Bisa dibilang, mahasiswa Eropa lebih mandiri dan dewasa dalam kehidupan perkuliahan. Kegiatan kampus tetap ada, tetapi mempunyai karakter berbeda. Pelajar di kota kecil cenderung memiliki lebih banyak kegiatan dan organisasi berbasis mahasiswa, sedangkan di kota besar dinamika kehidupan kampus lebih beragam.

Hal-hal yang jauh lebih detail dan sangat teknis akan sangat terang benderang anda dapatkan ketika anda berkunjung ke kantor sekretariat Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta. Sehingga semua informasi yang anda dapatkanpun adalah informasi yang sangat valid dan terkini. Karena berasal langsung dari para alumni Eropa yang telah terbukti telah menjalani kuliah dan lulus dengan nilai yang baik. Bahkan beberapa telah hidup di Eropa bertahun-tahun lamanya. Jadi jangan pernah ragu untuk menbuat janji untuk berkunjung ke sekretariat LAE untuk mendapatkan Informasi Persiapan Penting Untuk Yang Mau Kuliah di Eropa.

 

=======================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 17 Juli 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Studi di Luar Negeri and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.