Perbandingan Biaya Kuliah di Jerman Dibanding Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta Dalam Negeri

kuliah-ke-luar-negeri-jurusan-ilmu-sosial-di-jermn-di-univeristas-leipzig-yang-memilki-perpustakaan-tertua-di-jermanBiaya Kuliah di Jerman yang di subsidi penuh oleh pemerintah Jerman mengakibatkan biaya kuliah yang begitu murah. Sehingga sebagian besar mahasiswa international hanya perlu berpikir untuk mendapatkan biaya hidup sehari-hari dan biaya untuk tempat tinggalnya saja. Hal inilah juga yang dirasakan oleh para alumni Jerman di Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta, yang semakin bersemangat untuk membagikan pengalaman ketika kuliah dan hidup di Jerman.

Masih banyaknya masyarakat kita yang mengira bahwa melanjutkan kuliah di luar negeri merupakan suatu hal yang sangat mahal. Maka blog Lembaga Alumni Eropa hadir memberikan informasi yang apa adanya berdasarkan pengalaman para alumni lulusan univeristas-universitas di Eropa. Karena memang masalah biaya kuliah menjadi pertimbangan utama bagi orangtua ketika memasukkan anak mereka ke perguruan tinggi.

Tentu saja biaya kuliah harus sesuai dengan kantong orangtua. Inilah sebagian besar hal yang disampaikan oleh para orang tua ketika konsultasi ke kantor Lembaga Alumni Eropa. Sebagian besar orangtua meminta perbandingan Biaya Kuliah di Jerman Terkini dibandingkan biaya universitas swasta mahal di Indonesia. Hal ini yang menyebabkan para alumni Jerman berbalik bertanya, “kenapa tidak sekalian saja masuk universitas negeri di Jerman yang ternyata malah bisa lebih murah dengan kualitas yang tak diragukan?”.

Sebagai perbandingan mengenai biaya kuliah di Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia anda dapat membaca artikel kami ini (Daftar Perguruan Tinggi Swasta Populer di Indonesia). Agar kita semua dapat semakin terbuka mengenai perbandingan biaya kuliah di luar negeri dan di dalam negeri, sehingga akan makin nampak pula mana yang menjadikan pendidikan sebagai sarana komersil semata.

Di Jerman biasanya, mahasiswa hanya diminta iuran semester untuk dapat menggunakan berbagai fasilitas seperti perpustakaan, kantin, hingga angkutan umum di negara bagian tempat universitas itu berada, atau untuk keanggotaan klub perpustakaan atau olah raga, yang dengan biaya yang relatif murah, maka semua fasilitasnya bisa dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa. Di kota Bonn, yang terletak di Nord-Rhein Westfallen misalnya, iuran semesternya hanya sekitar 230 Euro atau sekitar tiga jutaan rupiah untuk setiap enam bulan.

Sebuah perbandingan yang cukup jauh dan mencolok, apalagi bila dibandingkan dari sisi kualitas dan peluang kerja setelah lulus. Dampak dari globalisasi dan era pasar bebas dunia pasti akan terasa di dalam negeri, maka akan semakin banyak para pebisnis dan perusahaan besar dunia untuk memasarkan produk/jasanya. Yang mengakibatkan merekapun akan lebih nyaman untuk menerima para karyawan atau eksekutif yang berasal dari perguruan tinggi di negaranya.

Informasi lebih detail dan akurat berdasarkan pengalaman para alumni Jerman akan anda dapatkan di sekretariat Lembaga Alumni Eropa. Agar informasi yang anda dapatkan akan lebih berimbang dan apa adanya. Sehingga keputusan tentang kuliah di Jerman dan Eropa serta Biaya Kuliah di Jerman Tahun ini akan anda dapatkan dengan komplit.

 

=======================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 17 Juli 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Keunggulan Studi Di Jerman, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.