Pentingnya Pendidikan Tinggi

Pendidikan merupakan salah satu kunci Utama bagi manusia untuk mengarungi kehidupan. Tanpa diragukan lagi, banyak pihak akan mencurahkan segala perhatian dan usaha semaksimal mungkin untuk mencapai pendidikan yang lebih baik, lebih tinggi dengan suatu harapan akan memperoleh kehidupan masa depan yang lebih baik.

Semua itu tentunya tidak akan terlepas dari peran para pihak yang bertanggung jawab dalam bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia bagi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

SB1M 450 x 450 untuk dibawah artikel

Di era global pada masa ini, pendidikan semakin menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan. Dalam perkembangannya harus diakui bahwa peran penanggungjawab bidang pendidikan di Indonesia masih belum mampu sepenuhnya memenuhi kebutuhan tersebut. Saat ini, Indonesia lebih banyak bergerak dalam pendidikan dasar yang memang pada akhirnya akan menjadi pondasi yang kokoh bagi pendidikan tingkat lanjt dan tinggi.

Meskipun demikian, bukan berarti bahwa pendidikan tingkat lanjut dan tinggi di Indonesia saat ini tidak bermutu, akan tetapi pada kenyataannya sedang mengalami perkembangan yang lebih baik kearah tercapainya kemajuan yang signifikan.

Dalam bidang pendidikan, negara-negara di Eropa, khusus nya Jerman telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal tersebut dapat secara langsung dapat diamati dari tingkat kehidupan dan pola pikir masyarakatnya yang sistematis. Kemajuan tingkat pendidikan di Jerman tentunya tidak terjadi dengan sendirinya.

Sejarah perkembangan pendidikan di Jerman bisa dikatakan seumur dengan dengan sejarah kemajuan peradaban di dunia. Diawali dengan masa pencerahan di abad pertengahan, Jerman kemudian berkembang pesat menjadi salah satu negara termaju dalam hal teknologi.

Fungsi universitas (pendidikan tinggi) di Jerman sangat berpengaruh langsung dalam setiap sektor kehidupan. Banyak tokoh tokoh dunia yang dihasilkan oleh institusi perguruan tinggi di Jerman semenjak dulu hingga saat ini seperti Roland Benz, Carl Bosch, Carl Friedrich Gauss, Gottfried Leibniz, Albert Einstein dan masih banyak lagi yang lainya selain itu, tidak sedikit pula tokoh tokoh nasional indonesia yang ditelurkan oleh institusi pendidikan tinggi Jerman seperti B.J. Habiebie, Bismar Siregar dan Prof Gumilar Sumantri.

This entry was posted in Pentingnya Pendidikan Tinggi, Pertimbangan dan Perbandingan Kuliah Di Jerman, Studi di Jerman and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.