Kuliah Arsitektur di Jerman – Mempelajari Kemajuan Arsitektur Eropa

kuliah-arsitektur-di-Jerman-mempelajari-kemajuan-arsitektur-Eropa-www.alumnieropa.orgSalah satu jurusan favorit calon mahasiswa asal Indonesia adalah kuliah arsitektur di Jerman. Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa teknik arsitektur Jerman adalah salah satu yang terunggul di dunia. Maka menimba ilmu langsung ke Jerman untuk belajar arsitektur adalah pilihan yang tepat. Lembaga Alumni Eropa akan membahas sekilas tentang jurusan arsitektur di universitas di Jerman.

Mahasiswa pada bidang studi arsitektur di Jerman akan di focuskan pada area perencanaan, design dan implementasi dari rumah tinggal, public building, industrial facilities (civil engineering) dan juga semua tahapan proses dari complex urban development dan redevelopment projects. Inilah garis besar materi kuliah arsitektur di Jerman.

banner-300-x-250

Semua focus keilmuan di atas harus pasti meliputi aspek teknis, design dan economi. Juga harus memenuhi kaidah yang berlaku pada “standard building regulation”, kebutuhan dari pengguna bangunan (living, learning, working, relaxing etc). Dengan demikian kecakapan di bidang artistic design, art, kemapanan dari technik engineering di satu sisi dan implikasi business pada sisi yang lain berpengaruh besar untuk menunjang semua mata kuliah yang diberikan pada bidang ini.

Hal lain yang diajarkan pada bidang studi ini adalah ecological aspek seperti energy and environment yang berdampak langsung pada setiap design dari bangunan, baik yang berupa pembangunan bangunan baru maupun yang merupakan redevelopment dan renovation dari bangunan tua.

Jurusan bidang studi Arsitek berkolaborasi erat dengan jurusan civil engineering terutama dalam tahapan perencanaan dan site management dari suatu projek yang complex. Arsitek juga harus mempunyai kemampuan utk berkordinasi dengan otoritas, pengelola, regulator dan pengelola bangunan.

Tingkatan S1 (BSc.), biasa di tempuh selama 3 tahun dengan kemungkinan untuk melanjutkan pada tingkatan S2 (MSc.) dengan tambahan waktu 2 tahun. Parallel dengan itu, para mahasiswa MSc dapat melakukan kerja praktek selama 2 tahun untuk dapat meraih profesi Professional Architect yang teregistrasi.

Mata Kuliah Arsitektur di Jerman

Mata kuliah yang diajarkan pada jurusan ini antara lain:
- Projective Geometry
- Mapping and Surveying
- Drawing and Designing
- Principles of Structure Theory and Design Planning
- Building Theory
- Building Physics
- Building Chemistry
- Building Materials
- Cost Calculation for Building Project
- Building and Construction information system
- History of Art and Construction
- Facility Engineering
- Building Regulation and Law
- Urban Planning
- Landscape Planning
- Basic Ecological
- Traffic and Transport
- etc

Memahami keinginan anda lalu melihat kemampuan anda dengan tepat adalah langkah awal dalam menentukan jurusan yang akan anda pilih nanti. Bagi anda yang tertarik untuk kuliah arsitektur di Jerman, Lembaga Alumni Eropa selalu terbuka untuk berbagi pengalaman.

This entry was posted in Alasan Kuliah di Jerman, Keunggulan Studi Di Jerman, Pentingnya Pendidikan Tinggi, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Pertimbangan dan Perbandingan Kuliah Di Jerman, Studi di Jerman and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.