Yang Harus Kamu Tahu Tentang Transportasi Umum Saat Kuliah di Jerman – Seri Pengalaman Hidup di Jerman

Hallo Sahabat, kali ini blog Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta yang beralamat di jalan Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah, Jakarta Selatan, 12310, dengan no hp 0813 8480 9179, akan mengenalkan sistem transportasi atau kendaraan umum yang biasa di gunakan oleh mahasiswa selama studi nya di Jerman. Sistem transportasi umum digunakan karena murah dan dapat menjangkau kesemua lokasi.

Bagi mahasiswa di kota universitas di Jerman sudah otomatis mendapatkan semester tiket untuk kereta api, tram dan bus selama 6 bulan, sejak perkuliah di mulai sampai berakhirnya dan terus di perpanjang selama masih berkuliah di universitas di maksud. Berbeda harga nya bila kalian sebagai turis di Jerman tentunya, dimana turis bila akan menggunakan sarana transportasi umum tersebut akan di kenakan tarif tiket normal, ada yang per 2 jam, per 3 hari, per 7 hari ataupun ada tiket transportasi untuk 30 hari.

Sistem transportasi akan di ajarkan dalam program persiapan studi Jerman oleh Lembaga Alumni Eropa, baik jenis kendaraan nya, rute jalur perjalanannya sampai dengan pemilihan kendaraan apa yang paling cepat dan murah untuk sampai ketujuan. Hal ini adalah pendidikan dasar yang wajib di pelajari sebelum kalian tiba di Jerman untuk memulai studi atau kuliah.

Lembaga Alumni Eropa memberikan informasi transportasi ini sesuai dengan kondisi yang ada, sehingga calon mahasiswa dapat langsung beradaptasi ketika tiba di Jerman nanti. Mengenal rute perjalanan dari kendaraan, melihat dan mempelajari jadwal kedatangan dan keberangkatan, mengetahui biaya atau harga sekali perjalanan dan sebagainya.

Jerman memiliki jaringan transportasi yang padat. Ada banyak cara untuk berkeliling kota dan negara. Di akhir pekan kalian dapat dengan mudah mengenal kota-kota lain, berkendara ke pedesaan, ke pegunungan atau ke laut dan menjelajahi negara-negara Eropa lainnya dari Jerman.
Sementara transportasi bermotor di Jerman sangat terorganisir dengan baik tetapi tidak terlalu murah, bersepeda semakin menjadi alternatif (hampir) sempurna di daerah perkotaan.

BERSEPEDA: POPULER DENGAN MAHASISWA
Denga Bersepeda hidup menjadi murah dan sehat, ramah lingkungan dan sangat praktis, terutama di kota. Seringkali cara tercepat untuk mencapai tujuan kalian di Jerman adalah dengan bersepeda: kalian tidak memiliki masalah parkir dengan sepeda, kalian tidak perlu membeli tiket atau mengisi bensin, kalian tidak terjebak kemacetan atau harus menunggu cukup lama sampai bus datang. Di sebagian besar kota, terdapat jalur khusus untuk bersepeda dan banyak stan sandaran tempat kalian dapat mengunci sepeda.
Seorang mahasiswa mengendarai sepeda
Bagi orang Jerman, sepeda bukan hanya alat transportasi sehari-hari: Banyak yang suka pergi tur bersepeda di pedesaan pada akhir pekan. Saat ini ada rencana konkret untuk lebih memperluas jaringan jalur bersepeda yang sudah baik di kota-kota Jerman. Karena ramah terhadap lingkungan dan iklim menjadi semakin penting dan karena itu bersepeda di Jerman sangat populer.

TRANSPORTASI UMUM: BUS, TRAM, KERETA API

DENGAN BUS DAN KERETA API DI KOTA
Sistem transportasi umum di sebuah kota disebut “transportasi umum lokal” (ÖPNV): Ini termasuk bus dan kereta api (kereta bawah tanah, kereta pinggiran kota dan trem). Ada jadwal di semua halte. Dikatakan jalur mana yang pergi ke mana dan kapan dan berapa lama mereka perlukan untuk rute tersebut. Sebagian besar waktu mereka berangkat tepat waktu. Mereka berjalan lebih jarang pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur dari pada pada hari kerja. Kalian bisa mendapatkan peta jaringan dengan semua rute dari utilitas publik atau perusahaan transportasi, di stasiun kereta api atau di informasi wisata.

Kalian harus membeli tiket untuk sebagian besar transportasi umum: Tergantung pada lokasi dan sarana transportasi, kalian dapat melakukannya melalui aplikasi, sebelum naik di mesin, atau hanya di dalam kendaraan. Perhatian: Beberapa mesin hanya dapat dibayar dengan uang tunai.

Pastikan tiket kalian valid! Beberapa tiket sudah divalidasi saat kalian membelinya, yang lain masih harus kalian validasi. Ada mesin pembelian tiket kecil di masing-masing alat transportasi atau di peron. Jika tiket tidak divalidasi, itu tidak valid – maka kalian bepergian tanpa tiket.

Jika kalian memiliki tiket semester, kalian tidak perlu membeli tiket lagi. Tetapi kalian harus menunjukkannya ketika kalian diperiksa – bersama dengan paspor atau kartu identitas kalian.

Tips
HARUS SELALU MEMBAWA ATAU MEMBELI TIKET PERJALANAN
Siapa pun yang tertangkap tanpa tiket yang sah di angkutan umum harus membayar denda setidaknya 60 euro.

DENGAN KERETA API BERPERGIAN KE SELURUH NEGARA
Bepergian dengan kereta api di Jerman biasanya cepat dan nyaman. Tiket kereta cepat (Intercityexpress (ICE), Intercity (IC) atau Eurocity (EC) lebih mahal dari pada tiket transportasi lokal. Kereta lokal antara lain Interregio (IRE), Regionalexpress (RE) dan Regionalbahn (RB).

Bepergian dengan kereta api umumnya tidak murah, terutama jika kalian ingin bepergian secara spontan. Kalian dapat menghemat uang jika membeli tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Kalian dapat melakukannya di konter stasiun, di mesin atau di situs web Deutsche Bahn. Seringkali ada penawaran yang lebih murah saat memesan secara online.

Jika kalian lebih sering bepergian dengan kereta api, kalian harus membeli BahnCard 25, 50 atau 100. Ini menghemat 25, 50 atau 100 persen perjalanan kereta api. Ada juga banyak penawaran khusus, seperti “Schönes-Wochenende-Ticket”, yang memungkinkan hingga lima orang bepergian dengan transportasi umum lokal sepanjang hari di akhir pekan. Penawaran murah lainnya adalah “Quer-durchs-Land-Ticket”. Ini memungkinkan kalian melakukan perjalanan melalui Jerman dengan maksimal empat teman selama sehari di semua kereta regional.

ALTERNATIF SELAIN KERETA API : BUS ANTAR KOTA ATAU NEGARA
Ada banyak jalur bus yang menghubungkan kota-kota Jerman satu sama lain atau pergi ke tujuan di negara-negara Eropa lainnya. Bus adalah alternatif yang murah dibandingkan kereta api. Kalian dapat menemukan koneksi di Internet, di mana kalian juga dapat memesan tiket nya.

KEMUNGKINAN LAINNYA: TAKSI, MOBIL, CARSHARING MAPUN DENGAN TAKSI
Menggunakan jasa kendaraan taksi di Jerman relatif mahal. Setiap kota memiliki harga yang berbeda-beda. Kalian harus memperhitungkan sekitar 1,50 hingga 3 euro per kilometer. Seringkali ada juga harga dasar 2,50 hingga 3,50 euro, yang harus kalian bayar dalam hal apa pun. Jika kalian dapat berbagi ongkos dengan orang lain, taksi mungkin menjadi pilihan – terutama jika kalian ketinggalan bus malam atau kereta terakhir. Taksi menunggu di pangkalan taksi di kota, atau kalian dapat memberhentikan taksi yang tersedia di jalan dengan tangan kalian. Kalian juga dapat memesannya melalui telepon atau online dan memesannya ke lokasi tertentu. Kalian juga dapat menemukan nomor telepon taksi untuk lokasi kalian secara online.

DENGAN MOBIL PRIBADI
Jika kalian ingin mengendarai mobil di Jerman, kalian memerlukan SIM yang berlaku di sana. Ini berlaku untuk semua surat izin mengemudi dari negara UE. Negara lain mungkin memiliki aturan khusus. kalian dapat mengetahuinya dari kantor SIM di kota universitas atau di situs web universitas ADAC (Klub Mobil Jerman Umum).
Hati-hati dengan alkohol: Batas alkohol darah umum di Jerman adalah 0,5. Ada larangan mutlak alkohol untuk pengemudi di bawah usia 21 tahun. Jika kalian melebihi batas alkohol dalam darah, kalian harus kehilangan SIM.

DENGAN KESEMPATAN BERKENDARA / CARSHARING
Carsharing sangat populer di kalangan mahasiswa. Prinsipnya sederhana: seseorang yang mengendarai rute yang telah ditentukan menawarkan kursi gratis di dalam mobil. Semua penumpang kemudian berbagi biaya bahan bakar.

Peluang carsharing tidak hanya sangat murah, kalian sering mengenal orang-orang yang menarik. Kalian dapat menemukan penawaran untuk ini di Internet. Di banyak universitas ada juga dalam “papan penumpang” atau kalian dapat mencari di internet untuk penawarannya. Di sini kalian dapat mengirimkan penawaran dan pertanyaan.

Demikianlah jenis-jenis kendaraan yang dapat kalian gunakan disaat kalian masih berada di Jerman. Lembaga Alumni Eropa sangat berterimakasih kepada kalian yang sudah berbagi tentang informasi transportasi kendaraan yang biasa di gunakan oleh para mahasiswa. Bersepeda adalah kendaraan yang sering di gunakan oleh teman kalian yang masih berkuliah di Jerman. Sepeda lipat yang ringan adalah pilihan para mahasiswa krn dapat di bawa naik ke dalam kereta api, tram dan bus, bahkan dapat di bawa masuk ke ruang kampus bila lipatannya tidak memakan banyak tempat.
Lembaga Alumni Eropa akan terus berbagi informasi agar kalian yang akan melanjutkan studi di Jerman dapat membaca dan memahami nya. Semoga kalian sukses dan berhasil meraih cita-citanya, salam sukses dari Lembaga Alumni Eropa.

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 4 Juli 2022.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start 4 Juli 2022


Program kerja sosial Start 4 Juli 2022


Program persiapan bahasa Jerman Online akan dimulai pada tanggal Senin / 4 Juli 2022.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Gedung Hijau 2 No 18. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 4 Juli 2022 dan SozialWork Class: Senin / 4 Juli 2022

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Pemerintahan di Jerman, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Pertimbangan dan Perbandingan Kuliah Di Jerman, Studi di Jerman and tagged , , . Bookmark the permalink.