Studi Biologi di Jerman : dari Sel Tumbuhan Sampai ke Seluruh Ekosistem

Blog Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta yang beralamat di jalan Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah, Jakarta Selatan, 12310, dengan no hp 0813 8480 9179 akan terus berupaya memberikan informasi sedetail-detailnya mengenai segala hal yang berkaitan dengan persiapan dan perkuliahan dia Jerman dan negara Eropa lainnya.

“Ketika kalian belajar biologi, kalian harus relatif toleran terhadap hal-hal yang tidak begitu bagus untuk dilihat sekarang. Jika kalian menonton video medis, misalnya, kalian tidak perlu takut dengan gambar luka terbuka, kelainan bentuk atau tumor. Selain itu, studi biologi dasar juga mencakup membedah hewan. Saya harus mengatakan, saya cukup menghormatinya di awal dan butuh banyak upaya untuk mengatasinya. Tetapi pada akhirnya , ketika kalian mengungkapkan semuanya dengan cara yang terstruktur dan melihat organ di dalamnya, itu benar-benar keren.”

Teman kita Yulia sedang belajar Biologi, salah satu mata pelajaran ilmiah paling populer, di semester ketiga masternya di TUM School of Life Sciences di Munich. Sebagai Mahasiswi studi Biologi yang mencakup semua, Biologi memahami sel tumbuhan sama pentingnya dengan memahami seluruh ekosistem.

PERSYARATAN PENDAFTARAN: Ijazah sekolah menengah atas
Seringkali ada pembatasan nilai masuk antara B dan B+, tetapi tidak di semua universitas
Anda hanya bisa belajar biologi di universitas. Studi biologi sangat populer. Banyak universitas mengandalkan numerus clausus (NC) ketika memilih mahasiswa/i. Jadi nilai sekolah menengah atas kalian menentukan apakah kalian mendapat tempat di universitas. Selain itu, beberapa fakultas juga memiliki prosedur penilaian bakat untuk memeriksa bakat ilmiah kalian.

Sarjana Biologi teknis hanya untuk jurusan khusus

Universitas ilmu terapan tidak menawarkan kursus biologi klasik (gelar sarjana lama). Di sini kalian harus berspesialisasi sejak awal. Misalnya Biomedis, bioteknologi atau bioanalisis ditawarkan di universitas ilmu terapan.

ISI PERKULIAHAN BIOLOGI: dari gambaran besar hingga detail
Singkatnya, kalian menjelajahi kehidupan di bumi, bagaimana alam terstruktur dan bagaimana kehidupan bekerja: dari protozoa hingga paus biru, hewan terbesar di dunia. Selama studi, kalian akan bereksperimen di laboratorium, mengambil bagian dalam kuliah dan latihan dan menyusun hasil nya dalam makalah ilmiah.

Pada awal semester gelar biologi, di gelar sarjana, fokus utama adalah mengajarkan dasar-dasar. Kimia, fisika dan matematika adalah komponen utama. Selain itu, ada kuliah awal dalam berbagai disiplin ilmu biologi. Biologi adalah salah satu ilmu alam yang paling beragam. Tergantung pada universitas dan program gelar, kalian akan menemukan topik-topik ini:
Biokimia, biomekanik dan bionik, botani, ekologi evolusioner, genetika, geobotani, Fisiologi, Tumbuhan Molekuler, neurobiologi, Kimia organik, bioteknologi tanaman, morfologi tumbuhan, Kimia fisik, fisiologi, Biologi Sintetis, Hewan dan Neurofisiologi, ilmu hewan.
Setelah kalian memutuskan apa yang mungkin menarik minat, kalian di kemudian hari dalam karier, kalian dapat menangani disiplin individu secara lebih intensif. Imunologi dan mikrobiologi, misalnya, adalah mata pelajaran spesialisasi yang disukai.

Kalian dapat berspesialisasi lebih lanjut dalam gelar master berikutnya. Berikut adalah pilihan kursusnya:
Bioinformatika, biologi evolusioner, rekayasa genetika, biologi kelautan, ekologi, sel biologi, Biologi Sel dan Perkembangan.

Jurusan Studi yang terkait dengan biologi meliputi:
Biogeosciences, biologi kimia, ilmu kehidupan, Evolusi, Ekologi dan Sistematika, Biologi Konservasi, Ilmu Kehidupan Molekuler.

Menurut Studycheck, ada 185 program Studi Biologi di 63 universitas.

DURASI STUDI BIOLOGI: tergantung pada spesialisasi dalam karir
Kalian bisa mendapatkan gelar Bachelor of Science (B.Sc.) dalam periode studi standar sekitar 6 semester. Studi biasanya dimulai pada semester musim dingin. Dalam program sarjana kalian akan menghadiri kuliah, latihan dan seminar. Kalian juga akan melakukan magang dan melakukan eksperimen dan tes laboratorium.

Setelah semester pertama, proyek penelitian bersama dengan sesama mahasiswa dan tamasya adalah bagian dari studi biologi. Di sini kalian bisa mengenal profesor lebih baik. Magang perusahaan juga direncanakan, yang memfasilitasi masuk ke dalam profesi. Modul yang terstruktur secara tematis, yang kalian selesaikan dengan ujian dan pekerjaan rumah, membuat studi biologi kalian lebih mudah. Kalian mendapatkan poin kredit yang harus kalian tunjukkan untuk mendaftarkan tesis sarjana. Kemudian menulis tesis sarjana di semester terakhir, baik pada pertanyaan teoretis atau pada proyek penelitian independen.

Kalian juga dapat melakukan program studi lanjutan Master of Science (M. Sc.). Di sini akan memperdalam pengetahuan dasar dari gelar sarjana dan spesialisasi. Ujian akhir sebelum memperoleh gelar Master of Science (M.Sc.) adalah tesis Master.

Untuk bekerja dalam penelitian dan pengajaran, kalian biasanya harus menyelesaikan gelar doktor.

Cara menjadi guru biologi
Jika kalian ingin menjadi guru biologi, kalian dapat menyelesaikan studi dengan ujian negara. Selain ujian negara, ada juga jalur Sarjana Pendidikan (B.Ed.) dan Magister Pendidikan (M.Ed.) untuk menjadi guru.

KETERAMPILAN: Termasuk pengujian hewan
Eksperimen hewan dan kuliah pembedahan adalah bagian dari gelar biologi. Jika kalian memiliki masalah dengan itu dan tidak sesuai dengan ide-ide etis, kalian lebih baik ambil dalam mata pelajaran kuliah ilmiah lainnya.

Matematika, fisika dan kimia harus menjadi salah satu mata pelajaran favorit kalian. Maka belajar akan lebih mudah. Setidaknya pengetahuan dasar harus tersedia. Selain itu, keterampilan ini sangat penting:
Ketepatan, disiplin, berpikir analitis, pengertian teknologi, Kesabaran di mikroskop, Pengetahuan, bahasa Inggris yang baik untuk membaca literatur spesialis.

PROFESI DAN KARIR: Peluang yang lebih baik dengan gelar doktor
Fase aplikasi bisa memakan waktu lebih lama untuk ahli biologi. Bahkan dengan gelar doktor, tidak mudah untuk mencari pekerjaan yang memadai. Langsung bekerja setelah gelar sarjana berarti kalian hampir hanya mendapatkan posisi di laboratorium tempat kalian bekerja. Gaji di sini sangat masuk akal. Jika mengambil gelar doktor setelah master, kalian memiliki peluang bagus untuk menemukan posisi dalam penelitian dan pengajaran. Jabatan manajemen di perusahaan internasional juga bisa diperoleh dengan gelar doktor.

Ahli biologi juga memiliki kesempatan untuk bekerja di bidang perlindungan lingkungan atau jurnalisme sains.

Pengusaha potensial untuk ahli biologi adalah:
Kebun Raya, kebun binatang, museum sejarah alam, otoritas publik, industri farmasi, industri makanan.

Spesialis Biologi di salah satu bidang berikut sangat dibutuhkan:
Biokimia, mikrobiologi, genetika, biologi molekuler

Setelah mempelajari biologi dengan gelar master, gaji awal rata-rata adalah €4.800 bruto per bulan. Terutama di perusahaan besar, gaji meningkat dengan pengalaman profesional selama bertahun-tahun. Tidak ada batasan gaji. Sebagai ahli biokimia di perusahaan farmasi internasional atau di industri makanan, kalian memiliki peluang bagus untuk mendapatkan gaji tertinggi.

Sumber: Studycheck

Banyak perusahaan membutuhkan gelar PhD untuk pekerjaan. Tesis doktoral menunjukkan kepada manajer SDM bahwa pelamar dapat secara mandiri mengembangkan analisis dan rangkaian tes. Karyawan yang memiliki gelar doktor sering membawa pengalaman internasional ke perusahaan. Gaji tahunan kotor sebesar 70.000 euro. Dan aturannya adalah: semakin besar perusahaan, semakin tinggi potensi penghasilannya.

Sumber: Academics/Gehalt.de

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 4 Juli 2022.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start 4 Juli 2022


Program kerja sosial Start 4 Juli 2022


Program persiapan bahasa Jerman Online akan dimulai pada tanggal Senin / 4 Juli 2022.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Gedung Hijau 2 No 18. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 4 Juli 2022 dan SozialWork Class: Senin / 4 Juli 2022

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Keunggulan Studi Di Jerman, Nama-nama Perguruan Tinggi di Jerman, Pentingnya Pendidikan Tinggi, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman and tagged , , . Bookmark the permalink.