Kuliah Jurusan Teknik Mesin di Universitas Negeri di Jerman

Teknologi Automotiv untuk kendaraan sangat cepat berkembang, program jurusan Teknik Mesin banyak di butuhkan di setiap sektor Industri. Di negara Industri maju setiap saat di butuhkan lulusan Teknik Mesin untuk produksi dan dalam pengembangan penelitian. Untuk lebih detailnya bisa hubungi kami Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta yang beralamat di jalan Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah, Jakarta Selatan, 12310, dengan no hp 0813 8480 9179.

JURUSAN TEKNIK MESIN
selamatkan masa depan dengan seni teknik

Teknik mesin adalah salah satu mata kuliah utama untuk mengejar karir di sektor otomotif atau di cabang industri lainnya. Kevin belajar teknik mesin di Technical University of Cologne. Tantangannya: Dia harus membangun stasiun pengisian untuk mobil listrik.

PERSYARATAN PENDAFTARAN:
Ijazah Sekolah Menengah Atas, diploma perguruan tinggi teknik atau gelar master
Untuk belajar teknik mesin, kalian memerlukan ijazah sekolah menengah di universitas atau ijazah sekolah menengah teknik yang sesuai dengan bidang studi.

Banyak universitas juga mengakui kualifikasi profesional yang sesuai dengan jurusan teknik mesin. Kalian juga dapat diterima di studi teknik mesin dengan pelatihan teknis dan beberapa tahun pengalaman profesional. Dalam hal ini, gelar master praktis menjadi akses untuk studi teknik mesin.

Seperti di bidang studi lain, universitas populer mencoba membatasi jumlah mahasiswa tahun pertama dengan numerus clausus (NC). Oleh karena itu, ada baiknya mencermati persyaratan penerimaan di universitas masing-masing. Beberapa universitas memerlukan magang pra-studi.

DURASI STUDI: bervariasi, tergantung pada spesialisasinya
Baik di perguruan tinggi atau universitas, gelar sarjana di bidang teknik mesin membutuhkan waktu enam semester. Dalam jurusan teknik mesin yang sangat sarat teknologi, kalian lulus dengan gelar Sarjana Teknik (B.Eng.). Dalam jurusan yang kurang berorientasi teknis, kalian akan diberikan gelar Bachelor of Science (BSc). Tambahan, semester praktis ketujuh sering wajib di universitas.

Jika ingin menambah gelar master, harus memperhitungkan empat sampai enam semester lagi, tergantung universitasnya. Sesuai dengan gelar sarjana, kalian memperoleh gelar Master of Engineering (M.Eng.) atau Master of Science (M.Sc.), tergantung pada spesialisasi kalian.

Kalian juga dapat lulus teknik mesin dengan titel Diplom-Ingenieur:in (Dipl.-Ing.):

Misal nya, Teknik mesin adalah salah satu dari sedikit program studi di Jerman yang juga ditawarkan sebagai program diploma. Jurusan ini berlangsung selama sepuluh semester di TU Dresden.

ISI PERKULIAHAN: dari mekanika ke termodinamika
Dalam jurusan teknik mesin, kalian mulai dengan mata pelajaran dasar seperti matematika, fisika, dan kimia. Ada juga mata pelajaran teknis dasar seperti:
teori listrik, mekanika, mekanika fluida, ilmu material, CAD (Desain Berbantuan Komputer) – konstruksi berbantuan komputer, teknologi Informasi, teknologi otomatisasi, termodinamika
Nanti isinya menjadi lebih spesifik dan kalian juga harus melakukan kerja praktek: draf konstruksi yang kemudian harus kalian praktikkan. Kalian dapat berspesialisasi dalam bidang-bidang seperti:
Mekanika teknis, teknologi kontrol, ilmu material, mekanika fluida, termodinamika, proses teknologi, teknik Industri,

Beberapa universitas menawarkan mata pelajaran individual seperti teknik proses, mekatronik atau teknik industri sebagai program terpisah atau sebagai program pascasarjana yang berlangsung beberapa semester.

UJIAN :
Selain ujian, kalian harus berhasil menyelesaikan pekerjaan proyek – beberapa sendirian, yang lain dalam tim. Selalu ada jurusan praktis di laboratorium dan bengkel perguruan tinggi atau universitas. Menjelang akhir perkuliahan, pengerjaan proyek ini juga dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan sebuah perusahaan.

Untuk sebagian besar jurusan teknik mesin, magang yang berlangsung beberapa bulan adalah wajib di ikuti. Seringkali kalian memiliki satu semester cuti untuk hal tersebut. Semester di luar negeri sangat membantu jika ingin bekerja di luar negeri nanti, tetapi tidak wajib.

Di akhir gelar teknik mesin, kalian akan menulis tesis sarjana, magister, atau diploma. Karya tulis biasanya dikaitkan dengan tugas akhir praktis. Banyak mahasiswa/i menulis tesis mereka atas nama perusahaan. Beberapa perusahaan bahkan membayar uang untuk itu. Hal ini seringkali membuka kemungkinan untuk memulai karir setelah lulus. Perguruan tinggi dan universitas membantu membangun kontak yang diperlukan.

KETERAMPILAN: Ilmu Pasti dan bakat matematika
Tentu saja, jika kalian ingin belajar teknik mesin, kalian harus terpesona oleh teknologi, dipadukan dengan sebagian besar bakat matematika dan kecenderungan fisika. Karena matematika dapat menjadi masalah bagi sebagian orang dalam beberapa semester pertama, beberapa universitas menawarkan pelajaran pendahuluan dalam matematika. pelajaran percobaan juga dimungkinkan.

Selain itu, kalian harus dapat bekerja dengan tepat, menjadi pemain tim, dapat menegaskan diri kalian sebagai manajer proyek dan juga dapat “menjual” ide-ide :
kemampuan analisis, afinitas ilmiah, kemampuan abstrak, afinitas untuk teknologi, ketegasan, kemampuan berkomunikasi, pemikiran ekonomi.

PROFESI DAN KARIR: Insinyur mesin dengan gelar master sangat di butuhkan.
Sampai hari ini, banyak profesional SDM masih mengasosiasikan insinyur mesin dengan gelar akademik insinyur (Dipl. -Ing). Gelar Diplom-Ingenieur:in (Dipl.-Ing.) masih diakui di industri teknik mesin saat ini. Peralihan ke Sarjana Teknik (B.Eng.) sebagai bagian dari konfrensi Bologna pada saat itu dikritik keras, baik oleh staf pengajar di universitas maupun oleh bisnis. Kritik terbesar adalah durasi studi hanya enam semester untuk gelar sarjana. Akibatnya, beberapa universitas bahkan menunda pergantian tersebut. Kebetulan TU Dresden kembali menawarkan ijazah / gelar lama (Dipl. -Ing).

Gelar sarjana diakui di seluruh Eropa. Namun, mereka yang menyelesaikan gelar master memiliki peluang karir yang lebih baik. Ini juga menawarkan kesempatan untuk berspesialisasi lebih lanjut.

Lulusan teknik mesin memiliki prospek karir yang sangat baik. Faktanya, ada kekurangan pekerja terampil di industri Jerman. Insinyur mekanik yang baik sangat dibutuhkan dan dapat memilih di mana mereka ingin bekerja.

Mereka dibutuhkan di banyak bidang dan industri: di departemen pengembangan produsen mesin dan teknologi, dalam manajemen kualitas, dalam manajemen perusahaan, dalam perencanaan produksi, dalam manajemen proyek, di industri otomotif, di perusahaan energi atau di industri penerbangan.

Banyak mahasiswa/i yang mengembangkan ide selama kuliah yang nantinya dapat dipasarkan dengan baik. Dengan pengetahuan tentang administrasi bisnis dan sedikit semangat kewirausahaan, tidak ada yang menghalangi startup sendiri. Banyak perguruan tinggi dan universitas menawarkan program kewirausahaan.

PENDAPATAN :
Penghasilan kalian tergantung pada posisi di perusahaan, ukuran perusahaan, atau kalian memiliki jiwa wirausaha.

Setelah belajar teknik mesin, kalian dapat mengharapkan gaji yang menarik. Bergantung pada pengalaman dan posisi profesional nya, insinyur mesin menghasilkan antara €4.500 dan €6.450 per bulan. Tergantung pada bidang dan tanggung jawab, gajinya bisa jauh lebih tinggi.

Lokasi universitas dan gelar juga memiliki pengaruh terhadap pendapatan. Dengan gelar master, kalian dapat mengharapkan bayaran yang lebih tinggi dari pada “hanya” dengan gelar sarjana. Jika kalian adalah bos kalian sendiri, penghasilan kalian bergantung pada kreativitas dan kesuksesan wirausaha Anda.

Sumber: Pay Atlas, Badan Ketenagakerjaan Federal

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 4 Juli 2022.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start 4 Juli 2022


Program kerja sosial Start 4 Juli 2022


Program persiapan bahasa Jerman Online akan dimulai pada tanggal Senin / 4 Juli 2022.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Gedung Hijau 2 No 18. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 4 Juli 2022 dan SozialWork Class: Senin / 4 Juli 2022

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Alasan Kuliah di Jerman, Keunggulan Studi Di Jerman, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Studi di Jerman and tagged , , . Bookmark the permalink.