Mengenal Lebih Dekat Universitas Stuttgart

Artikel blog Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta kali ini mengajak anda untuk mengenal lebih dekat Universitas Stuttgart. Sebuah universitas yang bersejarah di Jerman yang juga menjadi salah satu tujuan kuliah dari para mahasiswa asal Indonesia, maka artikel ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang mulai tertarik untuk bisa kuliah di Jerman.

University of Stuttgart adalah salah satu universitas terkemuka yang berorientasi teknis dengan reputasi dunia. The Stuttgarter Weg adalah singkatan dari integrasi interdisipliner teknik, ilmu alam, humaniora dan ilmu sosial berdasarkan penelitian disiplin ilmu kelas atas. Terletak di salah satu kawasan industri paling dinamis di Eropa, University of Stuttgart memiliki jaringan ilmu pengetahuan, bisnis dan masyarakat yang menghasilkan berbagai bentuk kerjasama interdisipliner yang sangat baik.

Kondisi Iklim penelitian yang sangat baik

University of Stuttgart adalah salah satu universitas riset terkemuka di Jerman dan di seluruh dunia. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah melakukan penelitian tingkat tinggi yang kompetitif secara internasional dan telah berulang kali membuktikan keberhasilan mereka dalam kompetisi untuk research berskala national dan international.

Tempat studi yang diidamkan

Dengan pengajaran yang dipimpin oleh para peneliti interdisipliner melalui integrasi yang baik dari teknik, ilmu alam, humaniora dan ilmu sosial, University of Stuttgart telah memposisikan dirinya sebagai lokasi studi yang diidam idamkan baik oleh mahasiswa nasional maupun internasional. Di Stuttgart, seseorang tidak hanya dapat menemukan tempat yang ideal untuk belajar dan bekerja, namun secara umum juga dapat memperoleh tingkat kehidupan yang sangat baik .

Kesempatan yang sama dan keramahan keluarga

Sebagai pemberi kerja, universitas mempromosikan semua karyawan serta mahasiswanya dalam memungkinkan mereka untuk mengeksploitasi potensi individual mereka dengan baik. Universitas berkomitmen untuk merekonsiliasi pekerjaan dan kehidupan pribadi serta kesetaraan perempuan dengan laki-laki. Hal ini memungkinkan adanya kesempatan yang sama dan memberi ruang bagi keragaman dan untuk melakukan transaksi yang adil satu sama lain – terlepas dari status, usia, asal dan jenis kelamin.

Dengan lebih dari 5.600 karyawan, Universitas Stuttgart adalah perusahaan besar di ibukota negara bagian – dan yang ramah keluarga. Universitas telah mendapatkan penghargaan beberapa kali sebagai “universitas yang ramah keluarga” karena komitmennya .

Aliansi universitas teknis terkemuka

University of Stuttgart adalah anggota dari Aliansi universitas teknis terkemuka di Jerman. Dengan layanan penelitian, pengajaran, dan knowledge transfer, universitas yang tergabung dalam alansi TU9 memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan lebih lanjut negara Jerman sebagai pusat sains dan inovasi.

Sejarah Universitas Stuttgart

Didirikan pada 1829, dan sejak 1967 berubah bentuk dari Industrial College ke universitas riset internasional.

Dalam sejarah hampir 190 tahun, banyak nama, peristiwa, angka, dan tanggal yang telah dicapai dalam pengembangan Universitas Stuttgart.

Acara dan Profil Tokoh Uni Stuttgart dari waktu ke waktu

1848: Sampel Fehling

Hermann fehling bekerja selama 44 tahun di sekolah politeknik di stuttgart. Dari tahun 1839 hingga 1883 Hermann C. Fehling adalah Profesor Kimia di Sekolah Politeknik Stuttgart. Dia adalah penemu “solusi Fehling” untuk penentuan jenis gula. Namun di balik itu, Fehling menyembunyikan lebih dari sekedar solusi. Dia menjadikan chemistry di Stuttgart sebagai figur utama.

1886: Gerbong bermotor pertama

Gottlieb Daimler belajar teknik mesin di Stuttgart dari tahun 1857 hingga 1859. Pada tahun 1886, ia adalah orang pertama yang memasang mesin dan menjadi penemu mobil.

1911: Gelar profesor pertama untuk teknologi penerbangan

Alexander Baumann menjadi profesor pertama untuk “Luftschifffahrt, Flugtechnik und Kraftfahrzeuge” di Jerman. Sejak saat inilah, ditetapkan bahwa tahun itu sebagai tahun dimana rekayasa kedirgantaraan dan penelitian otomotif mulai dikembangkan.

1962: konstruksi ringan

Sejak 1960-an, Universitas Stuttgart telah berkembang menjadi pusat konstruksi ringan untuk konstruksi dan struktur alami berdasarkan model biologis. Hal ini diwakili oleh Frei Otto dan Jörg Schlaich.

Bahkan hingga saat ini, setiap semester di kampus universitas, dibangun sebuah paviliun eksperimental ringan baru di atas model biologis.

1972: Penemuan virus mosaik tembakau

Karl-Wolfgang Mundry terlibat dalam penemuan virus mosaik tembakau pada tahun 1972 dan membantu menguraikan pertanyaan dasar biologi molekuler. Dia adalah salah satu bapak program studi “Biologi Teknis”, yang saat ini merupakan salah satu perusahaan reformasi paling sukses dalam lanskap biologi Jerman.

HLRS memungkinkan para peneliti untuk menghasilkan simulasi kompleks dan visualisasi resolusi tinggi.

1996: Komputasi kinerja tinggi

Pada awal 1950-an, kinerja komputer mainframe Stuttgart relatif tinggi untuk persyaratan teknik kedirgantaraan. Pada tahun 1997, Pusat Komputasi Kinerja Tinggi (HLRS) menjadi Pusat Komputasi Federal. Ini adalah langkah lain menuju fokus hari ini pada teknologi simulasi.

1996: Menuju matahari

Solar glider Icaré II adalah proyek Fakultas Teknik Dirgantara. Ia adalah mahakarya konstruksi yang ringan. Pada tahun 1996, upaya rekor dunia berhasil: glider matahari meletakkan jarak penerbangan sejauh 350 kilometer sejauh ini tanpa henti.

 

Sejarah bertahun-tahun

1829
Awal Didirikan sebagai “United Real and Business School” oleh King Wilhelm I dari Württemberg

1832
spin-off dari sekolah perdagangan

1840
Berubah bentuk menjadi Sekolah Politeknik

1876
Berganti nama menjadi Politeknik

1881
Yayasan Lembaga Pengujian Bahan

1890
Berubah menjadi Technical College

1900
Pertama kali membuka program PhD-Hukum untuk mata pelajaran teknis dan ilmiah (“Dr.-Ing.”)

1905
Menerima mahasiswa pertama
Doktor 1922 untuk Departemen Umum (Humaniora)

1944
Hampir sepenuhnya penghancuran semua bangunan akibat perang

1946
Pembukaan kembali Universitas Teknik dan rekonstruksi dengan bantuan guru dan siswa

1953
Ph.D. hukum untuk kemanusiaan

1957
Mulai konstruksi di Stuttgart-Vaihingen

1967
Berganti nama menjadi Universitas Stuttgart

1979
PhD dalam Ilmu Sosial

1997
Mulai dari program internasionalisasi

2000
Pendirian dewan universitas

2002
Restrukturisasi di sepuluh fakultas
Keberhasilan 2007 dalam Excellence Initiative dari Pemerintah Federal dan Länder: Cluster of Excellence “Simulasi Technology” (SimTech) dan Sekolah Pascasarjana “Advanced Manufacturing Engineering” (GSaME)
Mulai dari program pendidikan berkelanjutan dari Master: Online Academy

2010
Pendirian yayasan MINT-Kolleg

2013
Pembangunan kampus penelitian ARENA2036
Komputer Kinerja Tinggi Tercepat 2015 di Uni Eropa: Hazel Hen

2015/16
Mencapai 28.000 siswa

Penjelasan lebih detail mengenai Universitas Stuttgart tentu akan anda dapatkan bila anda berkunjung ke sekretariat Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta dan menyanyakan apapun informasi yang anda butuhkan langsung kepada para alumni Jerman di LAE, kami tunggu.

 

=======================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 6 Januari 2020

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Alam Asri V/21 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179 - 0813 1811 1017

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Keunggulan Studi Di Jerman, Nama-nama Perguruan Tinggi di Jerman, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman and tagged , , , . Bookmark the permalink.