JURUSAN MEKATRONIK · PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA DENGAN ROBOT

“Jika Kalian tertarik pada bagaimana perangkat tertentu bekerja, bagaimana mobil bekerja, bagaimana mesin besar dirakit atau mengapa mereka bekerja dan bagaimana kita berpindah dari A ke B pada perangkat tertentu, maka jurusan mekatronik jawabannya.”

Sahabat Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta yang beralamat di jalan Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah, Jakarta Selatan, 12310, dengan no hp 0813 8480 9179, Jurusan Mekatronika adalah bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari. Sistem pengereman anti-lock, jendela listrik, kontrol transmisi di mobil, robot industri, kontrol pesawat komersial: semuanya penuh dengan mekatronik.

PERSYARATAN PENDAFTARAN:
Tergantung pada universitas, Kalian memerlukan kualifikasi masuk pendidikan tinggi umum, kualifikasi masuk pendidikan tinggi khusus mata pelajaran atau kualifikasi masuk perguruan tinggi teknis untuk gelar sarjana di bidang mekatronik (B.Sc.). Hal yang sama berlaku untuk perguruan tinggi dan universitas yang menawarkan gelar di bidang mekatronik.
Kalian juga dapat diterima di kursus tersebut jika Kalian memiliki nilai “sangat baik” dari akademi spesialis dengan ujian tambahan untuk kualifikasi masuk universitas.
Program gelar master mekatronik memerlukan gelar sarjana di bidang mekatronik atau mata pelajaran terkait, seperti teknik elektro atau teknik mesin.
Beberapa perguruan tinggi dan universitas telah menetapkan numerus clausus (NC) untuk mekatronik. Biasanya itu adalah nilai rata-rata antara 2.0 dan 3.1 di sekolah menengah atas. Beberapa universitas mengharuskan pelamar untuk melakukan pra-studi magang beberapa minggu.
Oleh karena itu: Perhatikan baik-baik persyaratan yang harus Kalian penuhi di perguruan tinggi atau universitas tempat Kalian tertarik untuk belajar mekatronik.

DURASI STUDI: Tergantung pada gelar, enam hingga maksimal dua belas semester

Mempelajari mekatronik untuk mendapatkan gelar sarjana memakan waktu antara enam dan sembilan semester, tergantung pada kurikulum dan perguruan tinggi atau universitas. Tergantung pada spesialisasi, perguruan tinggi dan universitas memberikan gelar akademik Bachelor of Engineering (B.Eng.) atau Bachelor of Science (B.Sc.).
Di beberapa universitas dimungkinkan untuk menyelesaikan kursus delapan sampai sepuluh semester dalam mekatronik dengan diploma atau ujian negara.
Gelar Master of Science (M.Sc.) di bidang mekatronik membutuhkan empat hingga enam semester lagi, sekali lagi tergantung pada kurikulum dan perguruan tinggi atau universitas.

APA YANG ADA DI BALIK MEKATRONIK?

Sahabat Lembaga Alumni Eropa, Mekatronika adalah disiplin teknis yang relatif baru dengan tingkat inovasi yang tinggi dan potensi pertumbuhan yang besar. Sistem mekatronik secara otomatis merekam informasi dan sinyal, secara independen menghasilkan data baru darinya dan kemudian mengubahnya kembali menjadi kekuatan dan gerakan. Mekatronika dengan demikian menghubungkan disiplin teknik klasik dari teknik mesin/mekanik, teknik elektro/elektronik, dan ilmu komputer. Pemikiran interdisipliner dan sistem-teknis dengan demikian memainkan peran yang sangat penting dalam mekatronik. Konon subjeknya juga berwarna-warni.

MATA PELAJARAN:
Gelar mekatronik mengajarkan Kalian bagaimana sistem mekanis bekerja dan bagaimana Kalian dapat mengotomatiskannya menggunakan teknik elektro dan ilmu komputer. Hampir setengah dari mata pelajaran berasal dari teknik elektro, elektronika dan ilmu komputer, seperempat baik dari bidang teknik mesin. Dasar untuk semuanya adalah banyak matematika dan fisika, ditambah mata pelajaran lain yang Kalian tangani secara rinci dalam studi dasar. Berikut adalah ikhtisarnya:
Matematika, Teknik elektro, ilmu Komputer, ilmu material, Teori teknis representasi, Statika dan Kekuatan Material, Pemrograman sistem, Dinamika benda tegar, teknologi produksi, teknologi digital, elemen mesin, teknologi sirkuit, perangkat semikonduktor, Teknologi penggerak listrik, teknologi kontrol, statistik, teknologi pengukuran, sensor dan lain sebagainya.

Ada juga magang di bidang spesialis seperti teknik elektro atau sistem mekatronik. Pada semester terakhir Kalian menulis tesis sarjana Kalian. Tergantung pada universitas, kuliah dan acara tambahan ditawarkan di bidang manajemen dan administrasi bisnis, termasuk kuliah bahasa asing lainnya. Dalam program master, Kalian dapat lebih berspesialisasi dalam bidang pilihan Kalian, seperti:
Robotika, konstruksi kendaraan rel, Mengemudikan teknologi di mobil, di pesawat terbang, sistem manufaktur mekatronik, Radar, radio, sistem fotonik, sensor, Mikromekatronik untuk alat pengukur presisi, dll.
Tapi di sini adalah kasus bahwa Kalian sudah menetapkan arah untuk kehidupan profesional masa depan Kalian. Tesis master Kalian sudah dapat menjadi bagian dari proyek di perusahaan yang nantinya dapat Kalian ikuti secara profesional.

KETERAMPILAN APA YANG KALIAN BUTUHKAN?
minat teknologi, … lebih menyenangkan dengan teknologi
Pengetahuan matematika yang solid … lebih baik pengetahuan yang sangat solid dalam matematika
Jangan takut kontak dengan fisika, khususnya di sini: mekanika, listrik, dan ilmu komputer
Keterampilan analisis dan asosiasi, Berpikir Abstrak, keinginan untuk bereksperimen

DI BIDANG MANA MECHATRONICS BEKERJA? Dari teknologi sistem hingga e-mobilitas hingga TÜV dan banyak lagi

Sahabat Lembaga Alumni Eropa, Insinyur mekatronika menjembatani batas tradisional antara mekanika, elektronik, dan ilmu komputer. Dengan pelatihan interdisipliner dan pandangan holistik mereka, mekatronik membantu merancang sistem yang semakin kompleks “secara teknis” dan “interdisipliner”. Peluang kerja dinilai sangat baik, bahkan “sangat baik sekali” oleh beberapa portal pekerjaan. Kisaran pekerjaan untuk insinyur mekatronik terus berkembang. Teknisi mekatronika dapat bekerja di banyak bidang, misalnya:
produksi kendaraan dan pesawat terbang, mobilitas elektronik, rekayasa sistem, teknologi mikrosistem, teknologi medis, teknik tanaman, saran teknis, Teknologi cetak dan media, industri audio dan video, Integrasi solusi mekatronik ke dalam sistem yang ada, Penelitian dan Pengembangan,Pemantauan teknologi, seperti TÜV

GAJI: Penghasilan bervariasi menurut profesi dan area kerja
Teknisi mekatronik bekerja pada antarmuka antara teknik mesin, teknik elektro, dan ilmu komputer. Dengan gelar Master, jalan menuju tugas manajemen juga terbuka untuk Kalian. Gaji Kalian sangat tergantung pada perusahaan dan selalu pada negara. Rata-rata, pemula karir dapat mengharapkan untuk mendapatkan sekitar €3.416 kotor setelah lulus, dengan peningkatan pengalaman profesional, menurut Badan Ketenagakerjaan Federal, hingga €5.271 kotor per bulan dimungkinkan – tergantung pada perusahaan dan posisi yang Kalian pegang, bahkan lebih .

MECHATRONICS:INSIDE ADALAH: Penemu sistem kompleks di wilayah perbatasan mekanika, elektronik, dan ilmu komputer
“Khususnya sebagai seorang insinyur, kreativitas sangat dibutuhkan. Itulah bagusnya seorang insinyur. Tidak ada yang namanya solusi. Untuk setiap masalah, setiap solusi yang Kalian ciptakan pada awalnya adalah solusi yang baik dan benar. Entah insinyur lain memiliki satu menemukan solusi yang lebih baik kemudian diserahkan kepada orang lain.
Jadi, misalnya, bagaimana kalian mendesain robot ini atau seperti apa akhirnya, sepenuhnya terserah kalian. Pada prinsipnya, tidak ada batasan dalam hal desain dan, di atas segalanya, bagaimana Kalian kemudian menginterpretasikan solusi pada akhirnya.”

Sahabat Lembaga Alumni Eropa, daya tahan, displin, kerja keras dalam menjalani studi di bidang yang kalian pilih adalah faktor utama untuk keberhasilan. Lembaga Alumni Eropa dengan segala persiapannya akan membantu kalian untuk sukses meraih cita-cita kalian.

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 4 Juli 2022.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start 4 Juli 2022


Program kerja sosial Start 4 Juli 2022


Program persiapan bahasa Jerman Online akan dimulai pada tanggal Senin / 4 Juli 2022.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Gedung Hijau 2 No 18. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 4 Juli 2022 dan SozialWork Class: Senin / 4 Juli 2022

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Keunggulan Studi Di Jerman, Nama-nama Perguruan Tinggi di Jerman, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman and tagged , , . Bookmark the permalink.