BAGAIMANA LOISA MEWUJUDKAN MIMPI ? – SERI PENGALAMAN HIDUP di JERMAN

Saling berbagi pengalaman ketika hidup dan kuliah di Jerman tentu akan lebih menguatkan tekad bagi anda yang berniat untuk kuliah di Jerman. Itulah sebabnya blog Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta yang beralamat di jalan Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah, Jakarta Selatan, 12310, dengan no hp 0813 8480 9179, akan terus membagikannya.

Terakhir kali saya berbicara tentang pertama kali saya di Jerman. Saat itu tahun 2018 dan banyak yang telah terjadi dalam hidup saya sejak saat itu. Pada tahun 2018 saya tidak percaya bahwa dalam beberapa tahun saya akan mengambil gelar master di Jerman. Dan saat ini saya sedang duduk di sebuah kafetaria di Universitas Jerman, menulis artikel ini di sela-sela seminar saya. Bagi saya ini benar-benar luar biasa dan saya pikir banyak mahasiswa yang belajar di luar negeri sekarang tidak dapat membayangkan hal seperti ini setahun yang lalu.

Bagi kebanyakan orang, ide ini tiba-tiba muncul di kepala mereka untuk pergi ke luar negeri. Itu sama untuk saya. Pada tahun 2020 saya menyelesaikan gelar sarjana saya di State University dan saya sedikit bingung. Apa yang harus saya lakukan sekarang? Haruskah saya mengambil gelar Master di Indonesia? Haruskah saya terus bekerja di firma hukum? Apa yang bisa saya lakukan di masa depan saya? Semua pikiran ini berputar-putar di kepalaku.

MOMEN TERBAIK
Kemudian saya ingat bahwa saya selalu ingin pergi ke Jerman untuk waktu yang lama. Dan kemudian itu adalah momen terbaik untuk mewujudkan segalanya. Rencana saya adalah untuk memulai gelar master di Jerman semester musim dingin berikutnya. Untuk melakukan ini, saya harus mengikuti tes bahasa, menemukan program magister hukum yang cocok untuk saya, mendapatkan dana untuk studi saya, dan sebagainya. Saya mulai belajar bahasa Jerman secara intensif dan berpikir bahwa begitu saya mengerti bahwa saya sudah siap, saya dapat mendaftar (Tes Bahasa Jerman sebagai Bahasa Asing). Pada saat yang sama, saya memulai gelar master di universitas di indonesia dan juga memiliki posisi di sebuah firma hukum. Itu artinya saya pulang setiap hari sekitar jam 10 malam dan mencoba belajar bahasa Jerman. Saya melatih semua bagian tes (mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara) sendiri, tetapi saya masih tidak yakin apakah saya siap untuk tes. Kemudian ibu saya banyak membantu saya. Dia bilang daftar saja. Dan jangan khawatir tentang apakah saya sudah cukup siap atau tidak. Jangan ragu, coba saja! Saya segera mendaftar dan setelah sebulan saya duduk di sebuah ruangan dengan mahasiswa lain menulis esai untuk Bahasa jerman. Setelah tiga minggu saya mendapatkan hasil saya, saya mencapai tingkat untuk belajar di Jerman.

“PROGRAM IMPIAN”
Tidak mudah untuk menemukan gelar master hukum yang cocok di luar negeri. Gelar master “normal” membutuhkan waktu sekitar dua tahun, tetapi hanya satu tahun untuk hukum. Kesulitan lain adalah kalian dapat memilih program bahasa Inggris atau menyelesaikan gelar master di negara asal kalian. Terlepas dari kesulitan-kesulitan ini, saya dapat menemukan “program impian” saya. Saya memilih tiga universitas: Regensburg, Heidelberg dan Bonn. Setelah itu saya menyiapkan banyak dokumen lamaran dan mengirimkannya ke Jerman. Saya mencoba melakukan semuanya sedini mungkin, tetapi masih menemui beberapa masalah. Paket dengan dokumen hilang melalui pos. Saya harus menulis banyak surat untuk kantor pos dan membuat banyak panggilan telepon sebelum dokumen saya dikirimkan. Setelah “stres aplikasi” ini saya menghabiskan sedikit liburan di tepi laut. Ketika saya sampai di rumah ada kejutan menunggu saya di kotak surat. Itu adalah pemberitahuan persetujuan pertama dari Universitas Jerman! Aku punya tempat! Dan itu berarti usaha saya tidak sia-sia. Kemudian ada periode persiapan dan kemudian beberapa bulan pertama Studi.

JANGAN MENYERAH!
Dengan artikel kali ini saya ingin menunjukkan bahwa kalian tidak harus menyerah. Kalian hanya dapat mencoba dan jika sesuatu tidak berhasil, kalian akan tahu bahwa kalian telah mencoba. Dan itu jauh lebih baik dari pada menyesali kesempatan yang terlewatkan. Tapi saya yakin semuanya akan berhasil jika kalian percaya dan berusaha keras.

Dan akhirnya: jika saat ini kalian tidak tahu apa yang ingin kalian lakukan, pikirkan tentang apa yang dulu kalian impikan. Mungkin sekarang adalah waktu terbaik untuk akhirnya mewujudkan mimpi-mimpi itu.
Sahabat Lembaga Alumni Eropa, semoga sukses dan semangat terus untuk mewujudkan mimpi kalian menjadi lulusan terbaik dari perguruan tinggi negeri Jerman. Jangan lupa berusaha dan berdoa semoga berhasil dengan baik.

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 4 Juli 2022.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start 4 Juli 2022


Program kerja sosial Start 4 Juli 2022


Program persiapan bahasa Jerman Online akan dimulai pada tanggal Senin / 4 Juli 2022.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Gedung Hijau 2 No 18. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 4 Juli 2022 dan SozialWork Class: Senin / 4 Juli 2022

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Etika dan Perilaku Warga Jerman, Pentingnya Pendidikan Tinggi, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Pertimbangan dan Perbandingan Kuliah Di Jerman and tagged , , . Bookmark the permalink.