Tips Saat Kuliah Sambil Kerja ala Mahasiswa Asing di Jerman

Zemanta Related Posts ThumbnailBerikut kami paparkan kembali Tips Saat Kuliah Sambil Kerja ala Mahasiswa Asing di Jerman berdasar pengalaman para alumni Jerman di Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta yang beralamat di Jalan Mendawai I No. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 dengan no kontak 0853 1154 4185 & 0813 1811 1017.

Savas Özel, warga Jerman asal Turki berusia 26 tahun. Ia studi teknik mesin di Perguruan Tinggi Ilmu Terapan (FH) Gummersbach. “Disamping studi saya harus kerja sambilan”, papar Savas, “Sekarang saya bekerja sebagai perawat di sebuah panti jompo, guru les privat dan di serikat mahasiswa”, ” katanya.  Dengan cara itu ia membiayai hidupnya selama menjadi mahasiswa.

Menurutnya, “satu pekerjaan saja, tidak cukup” Jika perlu uang untuk membiayai hidup semasa kuliah, bisa menyambi kuliah dengan bekerja. Perhatikan Tips Saat Kuliah Sambil Kerja ala Mahasiswa Asing di Jerman ini, karena Savas bukan berkewarganegaraan Jerman, ia harus berhati-hati karena tidak boleh bekerja melebihi ketentuan waktu, karena harus kuliah.

Kalau lebih, mereka akan kehilangan statusnya sebagai mahasiswa. Bagi warga Uni Eropa ditetapkan peraturan berbeda sesuai negara asalnya. “Pembiayaan kuliah bagi kebanyakan mahasiswa asing merupakan masalah besar”, ungkap Achim Meyer auf der Heyde, sekretaris jenderal Serikat Mahasiswa Jerman.

Lembaga ini sejak lama menuntut, agar peraturan tersebut dilonggarkan. Tetapi, sampai sekarang tidak berhasil. Di beberapa perguruan tinggi masih diberlakukan uang semester kuliah.

Ada satu peraturan yang berlaku bagi semua mahasiswa warga negara manapun, yakni sedini mungkin memikirkan pendanaan studi. Bagian konsultasi sosial serikat mahasiswa di setiap perguruan tinggi Jerman dapat membantu jika bermasalah dengan pembiayaan.

Staf-LAE-di- Frankfurt-sebagai salah-satu-tempat-tujuan-kuliah-di-luar-negeri

Ada kemungkinan untuk mendapat tunjangan negara yaitu BAföG (Bundesausbildungsförderungsgesetz), beasiswa atau kredit khusus bagi mahasiswa.

Kebanyakan mahasiswa, demikian menurut pengalaman serikat, menggabungkan dua sumber dana. Seringnya dana dari orang-tua dan hasil kerja sambilan. Dua sumber dana terpenting bagi banyak mahasiswa. Tiga dari empat mahasiswa di Jerman terpaksa kerja sambilan untuk bisa membiayai studinya.

Selama hampir 40 tahun dengan adanya BAföG mahasiswa yang pendapatan orang-tuanya tidak melewati batas tertentu bisa mendapat bantuan negara. Sekitar seperempat mahasisiwa Jerman menerima tunjangan tersebut.

Kekhususannya adalah dana itu harus dikembalikan setelah tamat kuliah, tetapi hanya setengahnya. Mahasiswa asing yang memenuhi persyaratan tertentu juga dapat mengajukan permohonan untuk mendapat BAföG.

Bagi yang ingin mengetahui apakah dia berhak mendapat BAföG atau tidak, bisa konsultasi ke serikat mahasiswa di universitasnya. Ini sekelumit dari Tips Saat Kuliah Sambil Kerja ala Mahasiswa Asing di Jerman.

Mahasiswa yang berencana mengambil kredit, kalangan pakar menyarankan untuk mencari informasi sebanyak mungkin, agar tidak terlilit hutang di akhir studi nanti. “Lebih baik mengupayakan sumber dana yang ada”, demikian pakar kredit Stefanie Laag dari Pusat Konsumen negara bagian Nordrhein-Westfalen.

Bagi anda yang berminat untuk melanjutkan kuliah sambil kerja di Jerman, saat ini di Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta telah membuka pendaftaran baru untuk mengikuti kelas Intensif Persiapan Kuliah di Jerman dimana di kelas tersebut diajarkan mulai dari bahasa Jerman akademik sampai dengan pengurusan dokumen agar diterima di universitas negeri di Jerman.

Tentu termasuk juga akan disimulasikan cara-cara untuk bisa mendapatkan peluang kerja sambil kuliah di Jerman sebagaimana pengalaman dan Tips Saat Kuliah Sambil Kerja ala Mahasiswa Asing di Jerman.

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 22.08.2020.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start Senin 24.08.2020


Program kerja sosial Start Senin 24.08.2020


Program persiapan bahasa Jerman akan dimulai pada tanggal 24.08.2020.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Alam Asri V No 21. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179 dan +6281317692139


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 24 Agustus 2020 dan SozialWork Class: Senin / 24 Agustus 2020

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Alam Asri V/21 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179 - 0813 1769 2139

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.