Negara Jerman Selayang Pandang

Artikel blog Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta kali ini akan membahas tentang Negara Jerman Selayang Pandang, yang ditulis oleh salah seorang pengurus di Lembaga Alumni Eropa yaitu Bapak Han Prajanto. Sebagai alumni Jerman yang juga sempat menetap di Jerman bertahun-tahun beliau tentu sangat berkompeten untuk menjadi narasumber bagi yang berminat mengetahui lebih detail tentang seluk beluk untuk kuliah dan bekerja di Jerman.

Untuk itulah sekretariat Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta yang beralamat di jalan Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah, Jakarta Selatan, 12310 dengan no kontak 0813 8480 9179 selalu terbuka untuk memberikan informasi yang sedetail-detailnya berkaitan tentang cara dan langkah bagi anda yang berminat untuk kuliah maupun bekerja di Jerman. Juga diantaranya melalui artikel di blog ini. Selamat mengikuti.

Negara Jerman terletak cukup strategis di tengah tengah benua eropa. Hal ini memudahkan kita untuk bepergian ke negara2 lain di eropa karena berbatasan dengan negara Jerman.

Jika kita berkendara atau menggunakan kereta api dan bus menuju ke bagian barat Jerman maka kita akan sampai di Belgia dan Perancis. Jika kita menuju ke selatan, ada negara Swiss dan Austria.
Kemudian kita bergerak ke timur, maka kita temui perbatasan dengan negara Polandia dan Ceko – Slovakia.
Ke Utara adalah Denmark dan laut.

Bila kita bandingkan dengan negeri kita Indonesia maka luas negara Jerman itu lebih kurang sebesar pulau Kalimantan saja dan terdiri dari daratan yang luas. Tidak seperti negara kita yang terdiri atas kepulauan.
Ini menyebabkan segala pelosok tempat di Jerman dapat kita jangkau melalui transportasi darat.
So secara prinsip tidak ada daerah terpencil atau kota terpencil karena semua dapat dijangkau via darat.

Sebelah utara Jerman adalah daerah paparan atau dataran yang luas dengan berbagai hutan hijau. Di bagian selatan adalah dataran tinggi yang antara lain adalah pegunungan Alpen.
Negara Jerman mempunyai empat jenis musim : Panas, gugur, dingin dan semi. Temperatur tertinggi sekitar 35 derajat Celcius dan terendah mencapai minus 20 derajat Celcius, bergantung pada musim saat kita mengukurnya.

Negara berpenduduk lebih kurang 85 juta jiwa dengan mayoritas suku bangsa Jerman beragama kristen itu berbentuk republik federal atau serikat dan memiliki 16 negara bagian. Negara Jerman beribukota di Berlin.

Contoh nama nama negara bagian dari Republik Federal Jerman adalah : Bayern, Baden Wuttemburg, Sachsen, Niedersachsen, NRW atau Nordrhein-Westfalen.

Ada juga negara bagian berbentuk kota seperti : Berlin, Hamburg dan Bremen.

Pimpinan negara tersebut adalah Presiden yang fungsinya sebagai lambang persatuan dan memimpin seremoni sedangkan tugas politik membentuk kabinet kerja dibebankan kepada seorang Perdana Menteri alias Kanzler atau Kanselir.

Sistem politik di Jerman yang demokratis melahirkan berbagai partai politik, seperti : CDU, SPD, FDP, die Grüne, CSU dengan berbagai ideologinya.

Secara ekonomi Negara Jerman termasuk negara dengan ekonomi yang kuat baik di benua eropa maupun di dunia.
Industri manufaktur Jerman yang kokoh dan menyebar di seluruh dunia serta image berkualitasnya produk buatan industri Jerman dapat menutupi kelemahan sektor hasil bumi dan pertambangan Jerman yang minim mengingat kondisi geografisnya.

Negara Jerman juga terkenal akan sistem pendidikannya yang berkualitas dan murah.
Bersekolah di sekolah negeri sedari Sekolah Dasar hingga jenjang Perguruan Tinggi secara umum tidak dikenai biaya pendidikan baik bagi warga Jerman maupun bagi orang asing yang ingin menuntut ilmu di Jerman.

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 4 Juli 2022.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start 4 Juli 2022


Program kerja sosial Start 4 Juli 2022


Program persiapan bahasa Jerman Online akan dimulai pada tanggal Senin / 4 Juli 2022.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Gedung Hijau 2 No 18. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 4 Juli 2022 dan SozialWork Class: Senin / 4 Juli 2022

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Keunggulan Studi Di Jerman, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Pertimbangan dan Perbandingan Kuliah Di Jerman and tagged , , . Bookmark the permalink.