Mulailah Mengenal Sistem Kuliah di Jerman Sejak Dini

kuliah-ke-luar-negeri-jurusan-ilmu-sosial-di-jermn-di-univeristas-leipzig-yang-memilki-perpustakaan-tertua-di-jermanMengenal Sistem Kuliah di Jerman menjadi hal yang harus mulai dilakukan oleh anda yang berminat untuk bisa kuliah di Jerman. Banyak cara untuk mulai mengenal sistem perkuliahan di Jerman. Diantaranya dengan berkonsultasi langsung dengan para alumni Jerman di  Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta.

Proses belajar mengajar di setiap negara dan universitas tentu berbeda-beda. Meski begitu, mahasiswa internasional yang ingin kuliah di luar negeri harus mampu menyesuaikan diri dengan sistem pendidikan di negara tujuan.

Nah, kali ini kita akan membahas serba-serbi kuliah di Jerman. Dimulai dengan Mengenal Sistem Kuliah di Jerman.

Ketika kamu diterima di salah satu universitas yang ada di Jerman, mulailah membiasakan diri untuk memanfaatkan internet. Pasalnya, dalam mengurus berbagai hal, kampus-kampus di Jerman memberlakukan sistem online lantaran tidak semua mahasiswa internasional bisa berkunjung, terutama saat masa liburan. Inilah langkah awal saat Mengenal Sistem Kuliah di Jerman.

Salah satu laman yang bisa dimanfaatkan untuk mencari dokumen kuliah dan konten lainnya, yakni ILIAS. Di samping itu, perpustakaan juga memiliki platform yang bisa mengakses apakah buku yang dibutuhkan tersedia atau memperbarui masa peminjaman buku.

Dilansir dari laman Studying in Germany, setiap routine studi di Jerman memiliki kurikulum berbeda. Namun, tak perlu khawatir karena di setiap mata kuliah terdapat deskripsinya. Saat membuat jadwal kuliah, kamu juga bisa minta tolong kepada elderly atau pembimbing akademis.

sebagian-perserta-program-intensif-persiapan-kuliah-di-jerman-melalui-LAE-saat-tiba-di-jerman-februari-2014-www.alumnieropa.orgDi Jerman, satu tahun akademis terdiri atas dua semester, yakni masa musim panas dan masa musim dingin. Setiap masa tersebut dibagi menjadi dua lagi, mencakup periode kuliah dan masa bebas kuliah. Pada periode kuliah, mahasiswa akan menjalani kuliah di kelas seperti biasa. Sedangkan di periode bebas kuliah dan akhir ujian, para mahasiswa bisa menghabiskan waktunya untuk magang, bekerja, atau berlibur.

Selain masa kuliah, kamu juga harus tahu bahwa setiap universitas di Jerman punya cara masing-masing dalam perkuliahan. Pada umumnya, kuliah dilakukan dengan seorang profesor yang menjelaskan materi di depan kelas. Sebaliknya, dalam seminar, peran mahasiswa dan profesor akan bertukar. Sebab, mahasiswa akan menerapkan pengetahuan teoritisnya dalam proyek-proyek praktis.

Sementara pada proses mengajar, dosen dapat mengombinasikan antara kuliah dan modul. Misalnya, satu modul dapat berisi kuliah regular dan latihan. Kemudian diakhiri dengan presentasi, pekerjaan rumah, atau ujian.

Jika mengalami kesulitan, kamu bisa menghubungi konselor yang bisa membantu para mahasiswa, terutama mahasiswa asing dalam mengatasi masalah. Selain itu, setiap negara juga memiliki perkumpulan pelajar yang bisa menjadi teman seperjuangan saat kuliah di Jerman. Seperti halnya di Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta dimana pengalaman para alumni Jerman tentunya akan sangat membantu anda yang berminat untuk kuliah di Jerman.

Apalagi di LAE telah dipersiapkan sebuah program khusus yang disebut dengan Program Intensif Persiapan Kuliah di Jerman dengan no kontak 0853 1154 4185 & 0813 1811 1017 yang akan membimbing para calon mahasiswa Indonesia di Jerman. Mulai dari pengurusan dokumen pendaftaran ke universitas-universitas negeri di Jerman sampai dengan memberikan informasi dasar untuk mulai  Mengenal Sistem Kuliah di Jerman.

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 04 Juli 2021.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start Senin 05 Juli 2021


Program kerja sosial Start Senin 05 Juli 2021


Program persiapan bahasa Jerman akan dimulai pada tanggal 05 Juli 2021.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Alam Asri V No 21. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179 dan +6281317692139


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 05 Juli 2021 dan SozialWork Class: Senin / 05 Juli 2021

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Alam Asri V/21 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179 - 0813 1769 2139

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman and tagged , , , . Bookmark the permalink.