Antara Kuliah di Luar Negeri atau Dalam Negeri

suasana-perkuliahan-di-jerman-sebagai-perbandingan-antara-kuliah-di-luar-negeri-atau-dalam-negeri-melalui-lembaga-alumni-Eropa-LAE-JakartaKegalauan antara Kuliah di Luar Negeri atau Dalam Negeri sedang terjadi. Fenomena mahalnya biaya pendidikan tinggi di Indonesia yang membuat shock para orang tua yang anaknya akan masuk perguruan tinggi. Apatah lagi dengan situasi saat ini masyarakat Indonesia sedang dihadapkan kepada sulitnya kondisi perekonomian. Adanya sistem penerimaan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan jalur mandiri semakin menjadikan seolah-olah komersialisasi pendidikan memang terjadi.

Namun hal ini justru membuat beberapa orang tua yang jeli melihat situasi ini, mulai melirik untuk melanjutkan kuliah anak-anaknya di luar negeri. Ya pilihan menjadi mengerucut pada Kuliah di Luar Negeri atau Dalam Negeri yang Swasta. Karena ternyata biaya pendidikan tinggi di beberapa negara luar negeri justru sudah di subsidi penuh oleh pemerintahnya. Khususnya seperti di negera-negara Eropa yang menganut paham Welfare State, seperti di Jerman misalnya.

Perbandingan antara Kuliah di Universitas Negeri di Luar Negeri atau Dalam Negeri di Universitas Swasta menjadi menarik untuk di telaah lebih lanjut. Perbandingan yang bisa kita adalah dari sisi Biaya, Kualitas, Networking (jejaring) dan Peluang Kerja.

Dari segi biaya, bila anda berminat kuliah di universitas swasta yang masuk dalam daftar universitas kategori mahal (lihat artikel kami “Daftar Universitas Swasta Mahal di Indonesia”) maka jelas Kuliah di univeristas negeri di Jerman akan jauh lebih murah. Karena sebagian besar universitas di Jerman tidak memungut biaya kuliah. Jadi hanya biaya hidup dan apartment yang harus dipenuhi dan itupun akan dapat ditutupi dengan banyaknya peluang kerja sambilan / part time bagi para mahasiswa.

Dari segi kualitas, secara infrastruktur beberapa kampus/universitas swasta yang masuk dalam kategori mahal akan dan ada yang sudah siap untuk bersaing secara international. Tapi pertanyaannya apakah kualitas cara mengajar dan penyampaiannya sudah lebih baik? Apakah para pengajar di dalam negeri sudah bisa meninggalkan budaya “hapalan”? dan menggantinya dengan budaya “membebaskan” kreatifitas berpikir mahasiswanya? Jawabannya anda yang dapat menilainya.

Di artikel selanjutnya akan kami kupas kembali perbandingan dari sisi jejaring (networking) dan peluang kerja antara Kuliah di Luar Negeri atau Dalam Negeri Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 di PTN Jerman untuk periode winter semester 2020.

Yth Para calon mahasiswa,

Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studinya di perguruan tinggi negeri Jerman, untuk semua jurusan studi nya.

Pendaftaran program akan di buka hingga tanggal 27.12.2019.

Program persiapan bahasa Jerman akan dimulai

pada tanggal 06.01.2020. Bertempat di Training Center LAE,

Jln. Alam Asri V No 21. Pondok Indah. Jakarta Selatan.

Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no 081384809179 dan 081318111017

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan

Terima kasih atas perhatiannya

Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa - Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 6 Januari 2020

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Alam Asri V/21 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179 - 0813 1811 1017

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Alasan Kuliah di Jerman, Keunggulan Studi Di Jerman, Pentingnya Pendidikan Tinggi, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.