Pertimbangan Kenapa Harus Kuliah di Luar Negeri

beberapa-mahasiswa-di-jerman-dari-lembaga-Alumni-Eropa-program-intensif-persiapan-kuliah-di-jerman-2014Kenapa Harus Kuliah di Luar Negeri memang masih menjadi pertanyaan banyak pihak yang bergerak di bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Hal ini tak lain karena dianggap sebagai bentuk degradasi sikap nasionalisme dan seolah-olah terjebak dengan sikap westernisasi. Padahal begitu banyak sisi positif yang bisa didapat sebagai manfaat dari kuliah di luar negeri.

Selain faktor kualitas pendidikan tinggi di luar negeri yang harus diakui masih lebih tinggi di beberapa bidang studi, namun ternyata ada beberapa negara yang secara biaya kuliahnya malah lebih murah dibanding kuliah di dalam negeri di universitas swastanya. Hal ini juga yang menjadi jawaban beberapa alumni dari universitas negeri di Jerman ketika ditanya Kenapa Harus Kuliah di Luar Negeri Yang Ternyata Lebih Murah biaya kuliahnya.

Faktor biaya cukup menjadi jawaban meskipun menjadi hal yang sangat ironis. Karena terbukti isu komersialisasi pendidikan di Indonesia memang benar-benar terjadi saat ini. Ketika pemerintah semakin memperkecil subsidi kepada universitas-universitas negeri akibatnya beberapa universitas negeri (PTN/Perguruan Tinggi Negeri) di Indonesia menetapkan biaya (baca: sumbangan) bagi “mahasiswa jalur mandiri” semakin besar dan tak terjangkau kalangan menengah ke bawah.

Yang juga harus menjadi acuan kita kenapa harus memilih kuliah di luar negeri adalah faktor budaya dalam dunia pendidikan barat (baca: Eropa) yang seharusnya menjadi langkah korektif tehadap budaya dunia pendidikan di Indonesia khususnya dan Asia umumnya. Diantaranya bahwa bangsa Eropa sangat menghargai proses. Hargailah org krn pengabdiannya bukan karena kekayaannya. Percuma bangga naik haji atau membangun mesjid atau pesantren tapi uangnya dari hasil korupsi.

Hal yang juga harus menjadi langkah korektif kita adalah segera hentikan pendidikan berbasis kunci jawaban. Biarkan mahasiswa memahami bidang yang paling disukainya. Maka Jangan jejali mahasiswa dgn banyak hafalan, apalagi matematika. Untuk apa diciptakan kalkulator kalau jawaban untuk X x Y harus dihapalkan? Biarkan mahasiswa memilih sedikit mata pelajaran tapi benar-benar dikuasainya.

Biarkan mahasiswa memilih profesi berdasarkan PASSION (rasa cinta) nya pada bidang itu, bukan memaksanya mengambil jurusan atau profesi tertentu yg lebih cepat menghasilkan uang. Dasar kreativitas adalah rasa penasaran berani ambil resiko. Maka AYO BERTANYA! Guru adalah fasilitator, bukan dewa yang harus tahu segalanya. Mari akui dgn bangga kalau KITA TIDAK TAHU!

Akui juga bahwa Passion manusia adalah anugerah Tuhan. Sebagai orang tua kita bertanggung-jawab untuk mengarahkan anak kita untuk menemukan passionnya dan mensupportnya. Untuk itulah para alumni Eropa di Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta yang beralamat di Jalan Mendawai I No. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 dengan no. telpon 0815 8421 3074 atau 0813 1811 1017 senantiasa membimbing anda yang akan kuliah di Jerman khususnya. Beberapa penjabaran diatas kami harap dapat menjadi alasan Kenapa Harus Kuliah di Luar Negeri Tahun ini.

 

=======================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 17 Juli 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Studi di Luar Negeri and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.