Belajar Dari Gaya Hidup Orang Jerman Yang Anti Pemborosan

cara-kuliah-di-Jerman-melalui-program-intensif-persiapan-kuliah-di-Jerman-melalui-www.alumnieropa.orgGaya Hidup Orang Jerman menjadi Unik untuk kita cermati. Selain karena Jerman yang merupakan salah satu negara maju di dunia juga karena sejarah kelam negara ini ketika dipimpin Hitler. Ternyata begitu banyak pengalaman dan pelajaran yang didapat oleh para mahasiswa dan alumni yang mengenyam pendidikan tinggi di Jerman. Seperti juga para alumni Jerman di Lembaga Alumni Eropa (LAE) yang beralamat di Jalan Mendawai I No. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 dengan no kontak 0853 1154 4185, 0812 162 3380, 0818 0854 3309 atau 0813 1811 1017 ini. Termasuk sebuah kisah nyata dari seorang sahabat yang berbagi di sosial media pengalaman ketika berkunjung ke Jerman berikut ini.

Jerman adalah salah satu negara industri terkemuka. Produk-produk top seperti Mercedes Benz, BMW, Siemens asalnya dari sini. Banyak yg mengira warganya hidup kaya dan berfoya-foya. Ketika saya tiba di Hamburg, saya bersama rekan2 masuk ke restoran. Kami lihat banyak meja kosong. Ada satu meja dimana sepasang anak muda sedang makan. Hanya ada 2 piring makanan & 2 kaleng minuman di meja mereka. Sebuah Gaya Hidup Orang Jerman yang cukup unik.

Saya bertanya dalam hati apa hidangan yg begitu simple dapat disebut romantis & apa si gadis tidak akan meninggalkan si pemuda kikir tersebut? Kemudian ada lagi beberapa wanita tua di meja lainnya. Ketika makanan dihidangkan, pelayan membagi makanan tersebut dan mereka menghabiskan tiap butir makanan yg ada di piring mereka.

Karena kami lapar, rekan kami pesan lebih banyak makanan. Saat selesai, tersisa kira2 sepertiganya yang tak dapat kami habiskan tersisa di meja. Begitu kami hendak meninggalkan restoran, wanita tua yg dari meja sebelah berbicara pada kami dalam bahasa Inggris, kami paham bahwa mereka tak senang kami menyisakan makanan. “Kami yang bayar kok, bukan urusan kalian berapa banyak makanan yang tersisa”, kata rekanku pada para wanita tua tersebut.

Wanita-wanita itu meradang. Salah satunya segera mengeluarkan HP dan menelpon seseorang. Sebentar kemudian seorang lelaki brseragam Sekuriti Sosialpun tiba. Setelah mendengar tentang sumber masalah pertengkaran, ia menerbitkan surat denda Euro 50 pada kami. Kami semua terdiam..

Petugas tsb berkata dengan suara yg galak, “PESAN HANYA YANG SANGGUP ANDA MAKAN, UANG ITU MILIKMU TAPI SUMBER DAYA ALAM INI MILIK BERSAMA. ADA BANYAK ORG LAIN DI DUNIA YG KEKURANGAN. KALIAN TIDAK PUNYA ALASAN UNTUK MENSIA-SIAKAN SUMBER DAYA ALAM TERSEBUT”.
.
Pola pikir dan Gaya Hidup Orang Jerman dari masyarakat di negara makmur tersebut membuat kami semua malu sekali, KAMI SUNGGUH HARUS MERENUNGKAN HAL INI. Kita ini dari negara yg tak makmur-makmur amat. Demi gengsi, kita sering pesan banyak dan sering berlebihan saat menjamu orang. Juga saat dijamu di pesta, ambil banyak makanan di piring tapi tanpa rasa dosa sering tidak dihabiskan. Pelajaran untuk kehidupan. Untuk mengurangi pemborosan, karena uang memang milikmu, tapi sumber daya alam itu milik bersama. Mari jadi panutan dalam keluarga sendiri, agar anak-cucu kita meniru membenci pemborosan… (AZG).

Sebuah tulisan yang sangat menyentuh dari pengalaman sahabat Fadli Ravi untuk mengambil pelajaran dari Gaya Hidup Orang Jerman.

 

=======================================================

PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal : Senin / 5 Juni 2017

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB Tempat : Lembaga Alumni Eropa Jl. Mendawai I no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

0853 1154 4185 - 0813 1811 1017 - BBM Pin: 583E7D7A

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Adat dan Kebiasaan Warga Eropa and tagged , , , . Bookmark the permalink.