Sistem Penilaian Saat Kuliah di Jerman, Yang Harus Kita Ketahui

Hallo Sahabat Lembaga Alumni Eropa, di artikel blog Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta yang beralamat di jalan Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah, Jakarta Selatan, 12310, dengan no hp 0813 8480 9179, ada beberapa perbedaan dalam sistem penilaian antara di Indonesia dan Jerman. Bagi mahasiswa yang sedang studi atau kuliah di Jerman pasti akan aneh awalnya dimana system penilaian yang sangat berbeda, dimana angka kecil adalah nilai yang paling tinggi / baik dan angka yang besar malah di nilai kecil / rendah.

Jika kalian ingin belajar di Jerman sebagai mahasiswa internasional, kalian perlu mengetahui tentang sistem penilaian Jerman karena dua alasan. Di satu sisi, aplikasi harus menerjemahkan sertifikat negara kalian sendiri dan memenuhi persyaratan penerimaan di Jerman. Di sisi lain, nilai yang diterima selama studi kalian di Jerman tentu saja penting untuk rata-rata kalian sendiri, untuk aplikasi dan tentu saja untuk lulus ujian.

Pada dasarnya, ada dua sistem penilaian yang berbeda di Jerman. Satu terdiri dari nilai dari satu sampai enam, dengan satu sangat baik dan enam tidak cukup. Jika nilainya lebih rendah dari empat, kalian tidak lagi lulus ujian. Sistem ini adalah yang paling umum digunakan. Ini digunakan di sekolah dari kelas satu hingga kelas 10 serta di sekolah kejuruan dan universitas atau perguruan tinggi. Langkah-langkah perantara dapat direpresentasikan di sini dengan angka desimal. Tabel persisnya adalah:

1.0 Sangat bagus
2.0 Bagus
3.0 Memuaskan
4.0 cukup
5.0 Buruk
6.0 Tidak cukup

Di tingkat atas Gimnasium, sebelumnya kelas 11 hingga 13, dalam perjalanan G8 mereformasi kelas 10 hingga 12, ada sistem lain. Ini terdiri dari 0 hingga 15 poin dan digunakan karena metode penghitungan poin juga digunakan dalam Abitur. Pengenalan awal memudahkan untuk menghitung kinerja ujian pada titik waktu yang lebih awal.

Sistem poin ini juga merupakan dasar untuk aplikasi universitas, tetapi poin secara kasar dapat diubah menjadi nilai.

Tabel untuk ini adalah:

15 Lebih baik dari sangat baik
14 Sangat bagus
13
12
11 Baik
10
09
08 Memuaskan
07
06
05 Cukup
04
03
02 Tidak cukup
01
00 Tidak cukup
Rata-rata Abitur ditentukan dari kinerja keikutsertaan dalam pembelajaran, karya tulis, ujian, perkuliahan pada semester empat tahap kualifikasi dan dari prestasi dalam ujian Abitur. Tentu saja, poin Abitur lebih diperhitungkan. Skor di akhir kemudian dapat diubah menjadi rata-rata. Maksimal 900 poin (A grade 1.0) dapat dicapai dan setidaknya 300 poin (A grade 4.0) dapat dicapai untuk Abitur. Menghitung nilai rata-rata bisa sangat rumit, karena bobotnya berbeda dan ada juga perbedaan antara negara bagian.

Sebagai mahasiswa Jerman, kalian memerlukan jumlah poin ini untuk mendaftar ke universitas. Namun, untuk mahasiswa asing dengan sistem penilaian yang berbeda, ada cara lain untuk “menerjemahkan” nilai mereka. Dokumen yang diperlukan biasanya dapat ditemukan di situs web universitas pilihan kalian di Jerman.

Ujian di universitas Jerman dievaluasi lagi menurut sistem penilaian pertama (satu sampai enam). Namun, ada fitur khusus ketiga karena reformasi Bologna dan sistem sarjana dan magister. Apa yang disebut poin ECTS (Sistem Transfer Kredit Eropa) diberikan untuk setiap kuliah yang diikuti dan yang lulus ujian.

Ini terdengar agak rumit pada awalnya, tetapi menjadi transparan setelah kalian berada di sistem dan mendapatkan catatan kalian sendiri.
Sahabat Lembaga Alumni Eropa, sistem penilaian yang berbeda bukan lah masalah, karena kalian akan beradaptasi dengan sistem Studi atau kuliah di Jerman. Ketika lulus nanti nilai ijasah kalian akan di samakan dan di akui secara international. Semangat terus dan capai cita-cita kalian, Tschuss…

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 4 Juli 2022.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start 4 Juli 2022


Program kerja sosial Start 4 Juli 2022


Program persiapan bahasa Jerman Online akan dimulai pada tanggal Senin / 4 Juli 2022.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Gedung Hijau 2 No 18. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 4 Juli 2022 dan SozialWork Class: Senin / 4 Juli 2022

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Keunggulan Studi Di Jerman, Nama-nama Perguruan Tinggi di Jerman, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Pertimbangan dan Perbandingan Kuliah Di Jerman and tagged , , . Bookmark the permalink.