Sekilas Tentang Perguruan Tinggi Di Jerman

Artikel oleh salah seorang pengurus Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta Han Prajanto ini akan mulai membahas tentang Sekilas Tentang Perguruan Tinggi Di Jerman. Semua pertanyaan dan informasi tentang perguruan tinggi, cara mendaftar dan lain sebagainya dapat langsung anda tanyakan di sekretariat Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta yang beralamat di jalan Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah, Jakarta Selatan, 12310, dengan no hp 0813 8480 9179.

Jerman sudah lama dikenal orang dari seluruh dunia sebagai negara yang mempunyai sistem dan institusi pendidikan dengan kualitas nomor satu.

Disamping itu, orang juga menganggap bahwa adalah ekonomis jika mereka menempuh pendidikan di Jerman yang notabene tidak dipungut biaya pendidikan alias gratis itu.
Ini berlaku baik bagi warganegara Jerman maupun bagi warga asing yang hendak menuntut ilmu disana.

Ini tentu sangat membantu bagi mereka yang ingin mendapatkan pendidikan bermutu tinggi akan tetapi di pihak lain kondisi ekonomi nya kurang memadai.
Hal yang lebih membantu lagi adalah bahwa mahasiswa asing di Jerman akan mendapatkan hak untuk bekerja mendapatkan uang untuk menutup biaya kebutuhan harian. Mulai dari biaya bayar sewa kamar hingga kebutuhan biaya makan minum dan lain sebagainya.
Jadi ketergantungan mahasiswa asing akan kiriman dana dari tanah airnya bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan dan bahkan malah bisa mengirim uang ke tanah air !!!

Oleh sebab itu banyak calon mahasiswa dari berbagai belahan dunia terbang ke Jerman untuk menuntut Ilmu dengan mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri di Jerman.

Di Jerman terdapat sekitar 400 an Perguruan Tinggi Negeri yang tersebar di berbagai pelosok, baik di kota kota besar maupun sampai ke desa desa.
Dari jumlah Perguruan Tinggi Negeri tersebut terdapat 17.500 an Program Studi atau Jurusan.
So.. Jika ini adalah sebuah Restaurant.. maka menu makanan Restaurant ini amatlah banyak dan lengkap.

Mulai dari beragam program studi bidang kedokteran seperti dokter umum, gigi, hewan dan spesialis.

Kemudian bidang2 tehnik yang familiar buat kita seperti tehnik mesin, sipil, elektro, elekronika, arsitektur, industri, otomotif, penerbangan, perkapalan hingga ilmu ilmu tehnik yang baru seperti robotik, mekatronik, nano, material science dan lain sebagainya.

Bidang studi science atau Ilmu Pengetahuan Alam tidak kalah menariknya. Selain jurusan2 Ilmu murni seperti Fisika, Matematika, Kimia dan Biologi terdapat juga Ilmu2 terapan seperi bioteknologi.
Bioteknologi adalah cabang ilmu dimana disana kita bahkan bisa mempelajari bagaimana cara merekayasa bentuk dan kualitas sesosok mahluk hidup. Wah ngeri ya.

Ternyata Jerman tidak hanya terkenal sekolah tehnik dan science nya saja melainkan juga terdapat banyak jenis program studi yang juga maju seperti ekonomi dan bisnis, politik, sosiologi, psikologi dan hubungan internasional.
Artinya, dalam bidang bidang Ilmu Pengetahuan Sosial , Jerman juga sangat kuat.

Jika di lingkungan Fakultas Ekonomi ada program2 studi yang selama ini kita kenal yakni, Akuntansi, Management dan Bisnis, maka di Perguruan Tinggi Jerman ada program2 studi yang lebih spesifik lagi yang kita temukan pada fakultas ekonominya seperti :
Program Studi Perdagangan Jerman – China. Wah !! pasti diselipkan pelajaran bahasa mandarin dalam kurikulumnya ya.
Setelah kita lulus kuliah dengan jurusan diatas ini, sudah tentu kita akan sangat ahli berpengetahuan dalam bidang ekspor impor antara Jerman dan China.
Kita juga akan tahu barang2 apa yang dibutuhkan China dari Jerman atau sebaliknya, apa yang dibutuhkan oleh Jerman dari China serta berapa besar volumenya.

Dalam bidang Ilmu Humaniora juga bisa kita dapati studi Musik, Film, Sastra, Sejarah, Hukum, Filsafat dan lain lain.
Bahkan banyak calon mahasiwa yang ingin studi mode busana dan tata boga ,untuk menjadi Chef handal, akhirnya memilih studi ke Jerman daripada ke Perancis karena mengingat biaya yang lebih terjangkau.
Sebagai informasi, Jerman juga telah melahirkan perancang2 busana top kelas dunia seperti Hugo Boss dan Karl Lagerfeld.

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 4 Juli 2022.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start 4 Juli 2022


Program kerja sosial Start 4 Juli 2022


Program persiapan bahasa Jerman Online akan dimulai pada tanggal Senin / 4 Juli 2022.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Gedung Hijau 2 No 18. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 4 Juli 2022 dan SozialWork Class: Senin / 4 Juli 2022

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Keunggulan Studi Di Jerman, Nama-nama Perguruan Tinggi di Jerman, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Pertimbangan dan Perbandingan Kuliah Di Jerman, Studi di Jerman and tagged , , , . Bookmark the permalink.