Persiapan-persiapan Melanjutkan Studi di Jerman

Persiapan Bahasa

Melanjutkan Studi di Jerman memerlukan persiapan yang matang. Diantaranya Bahasa, sebagai kunci penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi luar negeri. Bila anda hendak kuliah di jerman, salah satu hal yang paling utama diperhatikan adalah belajar bahasa jerman, kecuali bila anda ingin mengambil program master dengan jangka waktu setahun dan tidak ada tuntutan belajar bahasa Jerman.

Persiapan bahasa sebagai persiapan awal melanjutkan studi di Jerman hendaknya sudah direncanakan di Indonesia, karena kursus bahasa di jerman cukup mahal, walaupun dalam hal percakapan nanti akan lebih cepat menguasai.

Banyak lembaga-lembaga bahasa yang menawarkan kursus bahasa jerman, baik itu intensiv atau hanya dua kali dalam seminggu. Seperti hal nya pada LEMBAGA ALUMNI EROPA.

Hampir semua perguruan tinggi di Jerman menggunakan bahasa pengantar pengajaran bahasa Jerman, oleh karena itu persiapan bahasa Jerman dari Indonesia sangat disarankan. Karena bahasa Jerman bukanlah bahasa yang mudah dipelajari, persiapan bahasa Jerman sebaiknya dimulai sedini mungkin.

Sebagian besar Perguruan Tinggi di Jerman mempunyai persyaratan kemampuan bahasa minimum sampai mempunyai ijazah B1 untuk mendaftar ke Studienkolleg.

Kemungkinan Studi Bahasa di Jerman

Terdapat juga kemungkinan untuk memulai belajar bahasa di negara Jerman dengan mengambil kelas intensif di berbagai jenis sekolah bahasa di Jerman. Belajar bahasa Jerman dengan cara ini mempunyai keuntungan proses belajar bahasa Jerman akan sangat pesat dan baik, tapi dengan kerugian memakan biaya yang relatif banyak.

Perhatian: Pada saat Anda melamar Visa, jangan melamar Visa untuk mengikuti kursus bahasa, melainkan visa studi. Jika Anda melamar visa untuk mengikuti kursus bahasa, Anda harus kembali ke Indonesia dan mengajukan visa studi kembali untuk melanjutkan studi di Jerman. Visa untuk kursus bahasa tidak dapat dikonversi di Jerman menjadi visa studi atau visa lamaran studi !

Surat Panggilan

Langkah awal untuk memulai pengurusan selain kursus bahasa adalah melamar ke perguruan tinggi yang dituju. Formulir Permohonan bisa anda dapatkan pada perguruan tinggi tersebut dengan mengirim surat dalam bahasa inggris atau jerman, atau bisa memfotocopy-nya.
Setelah anda mendapatkan formulir ini, hendaknya secepatnya mengirimkan kembali karena batas pendaftaran untuk musim dingin dan musim panas sangat terbatas.

Yang harus ditambahkan pada formulir pendaftaran adalah legalisir ijazah pendidikan terakhir, legalisir ijazah bahasa atau surat keterangan pernah / sedang mengikuti kursus bahasa di instansi pendidikan bahasa jerman, riwayat hidup yang ditulis dalam bahasa inggris atau jerman, pas foto, amplop balasan yang sudah ditulis alamat pengirim beserta prangko internasional. Masing-masing perguruan tinggi mempunyai perbedaan dalam proses penerimaan mahasiswa baru.

Visa

Setelah anda mendapatkan surat dari perguruan tinggi di Jerman, maka anda berhak untuk mengajukan visa belajar pada kedutaan Jerman di Jakarta.

Keperluan Hidup dan Pembiayaan

Ingat Study di Jerman adalah Free atau Gratis, namun demikian, pada setiap semester, para mahasiswa akan dikenakan biaya untuk uang administrasi mahasiswa, uang sosial dan Semesterticket (tidak wajib di setiap tempat) dan ada kemungkinan biaya tambahan yang lain, keseluruhannya berkisar € 50 – € 200, tergantung kebijakan dari masing-masing universitas.

Semesterticket adalah tiket para pelajar untuk menggunakan jasa angkutan untuk suatu daerah tertentu selama 1 semester. Jadi dalam 1 semester, mahasiswa tersebut tidak perlu membayar uang angkutan. Perlu diingat, semester ticket hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa ataupun seseorang yang terdaftar sebagai mahasiswa.

Peserta kursus bahasa tidak mendapatkan semester ticket. Sebagai salah satu solusinya adalah membeli tiket tiket bulanan yang harganya lebih murah dari pada tiket mingguan ataupun tiket harian.
Berdasarkan teoritisnya, biaya hidup termasuk asuransi dan biaya-biaya tambahan per bulan di Jerman berkisar € 650,- . Tapi dengan hidup yang normal, kebanyakan mahasiswa indonesia mengeluarkan biaya sekitar € 350,- sampai € 450,- per bulan ketika melanjutkan studi di Jerman saat ini. Tergantung dari gaya hidup yang mereka lakukan, dan juga situasi ekonomi dari kota tersebut.

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 06.06.2020.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start Senin 08.06.2020


Program kerja sosial Start Senin 08.06.2020


Program persiapan bahasa Jerman akan dimulai pada tanggal 08.06.2020.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Alam Asri V No 21. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179 dan +6281318111017


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 08 Juni 2020 dan SozialWork Class: Senin / 08 Juni 2020

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Alam Asri V/21 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179 - 0813 1811 1017

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Persiapan Bahasa, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman, Visa and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.