Persiapan Detail Untuk Kuliah di Jerman Dari Indonesia Apa Saja Yah?

Hallo Teman, jumpa lagi dengan blog Lembaga Alumni Eropa (LAE) Jakarta yang beralamat di jalan Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah, Jakarta Selatan, 12310, dengan no hp 0813 8480 9179, disini para Alumni akan memberikan informasi tentang Studi atau kuliah di Jerman, simak ya pasti menarik. Bagi kalian yang sudah lulus dari SMA, MA, SMK, D3, S1, maupun S2 di Indonesia besar kemungkinan dapat melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya di Jerman. Banyak hal menarik dari tulisan para alumni Lembaga Alumni Eropa yang dapat di jadikan jalan menuju kampus Negeri di Jerman. Mulai dari cara belajar, kehidupan selama kuliah sampai setelah lulus dengan gelar yang akan kalian raih di akhir Studi atau Kuliah kalian.

Studi di Jerman, tapi bagaimana caranya? Ada sejumlah rintangan yang harus diatasi sebelum waktunya tiba, kalian sebagai mahasiswa dari indonesia harus menemukan tempat studi atau kuliah di Jerman terlebih dahulu. Sebagai gambaran dari link study.de Proporsi mahasiswa asing di universitas Jerman setidaknya ada 10%

PERSYARATAN, KUALIFIKASI UNTUK MASUK PENDIDIKAN TINGGI NEGERI
Untuk Studi di Jerman, kalian memerlukan kualifikasi masuk pendidikan tinggi yang juga memungkinkan untuk belajar di negara asal kalian. Kualifikasi menengah meliputi lulusan Sekolah Menengah Atas, Diploma, Sarjana strata 1 dan 2. Calon Mahasiswa dari negara-negara non-UE harus menghubungi Kantor Internasional universitas tempat kalian ingin belajar untuk memeriksa kualifikasi masuk universitas. Jika sertifikat dari negara asal tidak diakui, jalur di universitas Jerman adalah melalui apa yang disebut tes penilaian. Perguruan tinggi persiapan / pra universitas ditawarkan di seluruh Jerman yang mempersiapkan ujian tersebut.

VISA
Semua pemohon dari negara-negara non-UE memerlukan visa (ada beberapa pengecualian seperti Swiss, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Amerika Serikat). Visa pelajar atau mahasiswa berbeda dari visa turis dan harus diajukan secara terpisah. Perwakilan Jerman (kedutaan/konsulat) di luar negeri yang bertanggung jawab.
Jenis visa berikut tersedia untuk pelajar dan calon mahasiswa internasional:
a). visa kursus bahasa (hati-hati, ini bukan visa untuk tujuan belajar dan tidak dapat diubah nanti)
b). visa pemohon pelajar selama tiga bulan (visa ini diberikan kepada pemohon yang belum diterima di universitas. Jika penerimaan telah berhasil, visa ini harus diubah menjadi visa untuk keperluan studi di kantor imigrasi di lokasi universitas)

APAKAH MEMERLUKAN PENGETAHUAN BAHASA JERMAN UNTUK STUDI ATAU KULIAH DI JERMAN?
Untuk studi di Jerman, pengetahuan bahasa Jerman yang memadai harus selalu dibuktikan. Ini tidak berlaku untuk pelamar yang telah menyelesaikan SLTA di sekolah Jerman di luar negeri.

Ada beberapa cara untuk menunjukkan keterampilan bahasa kalian yang memadai.

Partisipasi yang berhasil dalam “tes bahasa Jerman untuk masuk universitas bagi mahasiswa asing” DSH. Setelah masuk ke gelar, mahasiswa asing mengambil DSH, yang biasanya berlangsung sekitar beberapa minggu sebelum awal semester. DSH diambil di situs di universitas yang telah dipilih untuk kursus.

Ujian TestDaf yang berhasil. TestDaF adalah pusat, tes standar untuk bahasa Jerman sebagai bahasa asing yang dapat diambil di banyak pusat tes di Jerman dan luar negeri.

Partisipasi yang sukses dalam “Ujian bahasa” dari Goethe-Institut.

Tes “telc Deutsch C1 Hochschule” juga diakui oleh universitas dan perguruan tinggi di Jerman sebagai bukti kemampuan bahasa untuk kuliah. Artinya, tes ini setara dengan ujian DSH, ujian TestDaF, dan ujian Goethe Institute.

BISAKAH CALON MAHASISWA MENGAMBIL PROGRAM PASCASARJANA DI JERMAN DENGAN GELAR ASING?
Secara teoritis dimungkinkan, di dalam UE tidak akan ada masalah akibat proses perjanjian Bologna. Dengan gelar dari negara non-Eropa, pengakuan atas prestasi akademik sebelumnya adalah penting. Setelah ini dilakukan, persyaratan dan klasifikasi dalam program gelar dilakukan. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah bertanya kepada Kantor Internasional di universitas baru yang kantornya bertanggung jawab untuk mengakui prestasi akademik.

PEMBIAYAAN SELAMA STUDI ATAU KULIAH DI JERMAN
Untuk membiayai studi atau kuliah kalian di Jerman, selain dukungan dari orang tua dan keluarga, pendanaan negara di bawah lembaga pinjaman mahasiswa mungkin merupakan pilihan yang paling terkenal. Namun, ada beberapa metode lain yang perlu kalian ketahui.

Pembiayaan selama Studi di Jerman dengan:
Pinjaman mahasiswa, Lembaga Pinjaman Mahasiswa International, Dana pendidikan atau Dana Studi, Pinjaman bank mahasiswa, Pinjaman Pendidikan Mahasiswa berprestasi, Beasiswa instansi pemerintah maupun swasta, Kerja paruh waktu, Studi ganda dengan jurusan tertentu.

KIAT UNTUK MEMBIAYAI STUDI ATAU KULIAH DI JERMAN
Studi tidak murah, dan kuliah bukanlah waktu yang tepat untuk mencari banyak uang. Selain biaya hidup, biaya kuliah, biaya buku, bahan belajar lainnya dan angkutan umum setempat juga harus dibiayai. Kalian yang tidak memiliki banyak uang dari orang tua dan keluarga, harus siap mencari dari sumber lain.

BEASISWA: APA MANFAAT DARI BEASISWA
Keuntungan dari beasiswa sudah jelas: Beasiswa adalah uang “sumbangan”. Selain itu, banyak penerima beasiswa menerima dukungan sosial dari sponsor, selain dukungan keuangan. Hal-hal berikut dapat dimasukkan: perkemahan musim panas, undangan konferensi, dukungan dari dosen tepercaya, jaringan alumni, dan magang di luar negeri. Beasiswa diberikan oleh partai politik, organisasi keagamaan, dan perusahaan yang ingin menunjukkan tanggung jawab sosialnya. Kriteria penting untuk memilih pelamar adalah situasi ekonomi, bakat, nilai dan komitmen sosial.

KERJA SAMBIL KULIAH
Banyak mahasiswa bekerja di samping studi dan dengan demikian membiayai sebagian dari biaya hidup. Ini sangat berguna jika pekerjaan paruh waktu tersebut memiliki kesamaan dengan bidang studi.

BEKERJA SELAMA STUDI ATAU KULIAH DI JERMAN : PERATURAN PENTING DAN NILAI BATAS
Belajar membutuhkan uang: sewa apartemen harus dibayar, dokumen studi diperoleh, biaya semester dan mungkin biaya kuliah ditransfer dan makanan dibeli. Dan tentu saja kalian tidak ingin melakukannya tanpa waktu luang dan pesta sama sekali. Jika pinjaman mahasiswa dan/atau dukungan keuangan keluarga tidak cukup, kalian diminta untuk melakukannya sendiri. Sebagian besar mahasiswa menggunakan pekerjaan paruh waktu untuk menambah keuangan.
Untuk pekerjaan mahasiswa, penting bahwa kuliah itu penuh waktu dan pekerjaan itu paruh waktu. Jika hal ini terjadi, mahasiswa dibebaskan dari biaya kontribusi biasa untuk karyawan di bidang kesehatan, perawatan dan asuransi pengangguran.

Jika kalian ingin mendapatkan uang tambahan selama studi, kalian memiliki beberapa pilihan untuk menyusun hubungan kerja.
Kegiatan pekerjaan berikut dapat dibayangkan:
Pekerjaan kecil bulanan yang melibatkan mahasiswa, artinya pekerjaan tetap bulanan sebagai bagian dari pekerjaan kecil dengan besaran pendapatan tidak lebih dari 450 euro per bulan.
Pekerjaan di mana kalian bekerja dan yang tidak melebihi waktu kerja mingguan reguler 20 jam (pada akhir pekan, di malam hari atau di tengah malam, pekerjaan itu mungkin termasuk lebih dari 20 jam)
Pekerjaan yang terbatas hanya pada liburan semester. Batas waktu untuk pekerjaan jangka pendek adalah 3 bulan atau 70 hari kerja. Di luar masa perkuliahan, lebih dari 20 jam per minggu dan mahasiswa dapat bekerja maksimal 26 minggu.
Batas penghasilan untuk pembebasan pajak
Penghasilan tidak sesuai dengan status mahasiswa. Mahasiswa menikmati pembebasan pajak jika mereka tetap di bawah tunjangan dasar; tunjangan pajak dasar meningkat dari 9.168 euro (2019) menjadi 9.408 euro (2020).

Upah minimum
Mahasiswa juga berhak atas upah minimum. Upah minimum menurut undang-undang pada tahun 2019 adalah 9,19 euro per jam. Menurut Undang-Undang Upah Minimum, upah minimum menurut undang-undang diatur ulang setiap dua tahun. Pada bulan Juni 2018, Komisi Upah Minimum merekomendasikan untuk meningkatkan upah minimum wajib dalam dua langkah, sehingga akan meningkat baik pada tahun 2019 (dari EUR 8,84 menjadi EUR 9,19) dan pada tahun 2020 (dari EUR 9,19 menjadi EUR 9,35). Pemerintah federal mengikuti saran ini pada Oktober 2018 melalui dekrit. Oleh karena itu, upah minimum menurut undang-undang telah menjadi €9,35 sejak 1 Januari 2020. Upah minimum terus mengalami kenaikan di setiap tahun nya sesuai peraturan yang telah di tetapkan pemerintah.

Pekerjaan paruh waktu dengan potensi kesenangan
Uang di perguruan tinggi selalu menjadi masalah. Ada berbagai sumber pendanaan yang memungkinkan untuk kerja sambil kuliah selain dukungan dari orang tua, dan tunjangan beasiswa. Seringkali, satu varian pembiayaan tidak cukup untuk menjalani seluruh perkuliahan tanpa khawatir. Sebagian besar mahasiswa harus mendapatkan sesuatu yang ekstra. Di sini kami memiliki daftar pekerjaan paruh waktu yang melakukan lebih dari sekadar menghasilkan uang dan tidak memerlukan pelatihan khusus. Misal nya pekerjaan yang di sukai oleh para mahasiswa Layanan kafe / pub / bar, penjualan di festival / pasar (Natal), promotor menyapa orang-orang di zona pejalan kaki, bantuan sementara di bioskop, asrama pemuda / asrama, bimbingan belajar / dosen / pelatih, kurir sepeda.

 

==============================================================


"OPEN REGISTRATION"

Program Persiapan Studi S1/S2 & Kerja Sosial di Jerman

Yth Para Calon Peserta,


Lembaga Alumni Eropa kembali akan membuka kelas persiapan bahasa Jerman bagi mereka yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negri untuk semua jurusan studi, serta persiapan bahasa bagi peminat kerja sosial di Jerman.


Pendaftaran program online akan di buka hingga tanggal 4 Juli 2022.

Pendaftaran Klik disini


Program Study Start 4 Juli 2022


Program kerja sosial Start 4 Juli 2022


Program persiapan bahasa Jerman Online akan dimulai pada tanggal Senin / 4 Juli 2022.


Bertempat di Training Center LAE, Jln. Gedung Hijau 2 No 18. Pondok Indah. Jakarta Selatan.


Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi melalui WA di no +6281384809179


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat Kami,

Lembaga Alumni Eropa – Jakarta

==============================================================


PEMBUKAAN KELAS BARU

PROGRAM INTENSIF PERSIAPAN KULIAH di JERMAN

Untuk Semua Bidang Studi S-1 (BSc.) dan S-2 (MSc.)

Kelas Baru akan diadakan pada:

 

Study Class : Senin / 4 Juli 2022 dan SozialWork Class: Senin / 4 Juli 2022

 

Jam : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Lembaga Alumni Eropa
Jln. Gedung Hijau 2 No 18 Pondok Indah Jakarta Selatan, 12310 Indonesia

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

WA & Line: 0813 8480 9179

Daftarkan Diri Anda Segera

Tempat Terbatas !!

This entry was posted in Alasan Kuliah di Jerman, Keunggulan Studi Di Jerman, Persiapan Melanjutkan Studi di Jerman and tagged , , . Bookmark the permalink.